Jumat, 23 November 2012

Tips Singkat Tentang Marketing ala Tung Desem Waringin

Tujuan marketing adalah menukarkan nilai tambah yang ada ke sebanyak mungkin pembeli, sesering mungkin sehingga pembeli untung dan penjual untung. Maka mestinya untuk "Menukarkan" kita perlu "Menawarkan".

Yang paling penting dalam bisnis bukan kantor, bukan teknologi, bukan produk ataupun jasa melainkan penawaran. Penawaran akan berperan penting dalam marketing. Di dalam dunia marketing, Anda akan mengenal dua aliran yaitu aliran mengingatkan dan aliran menawarkan.

Aliran mengingatkan atau bisa disebut dengan branding membutuhkan biaya iklan sangat besar dan sering kali tidak menghasilkan penjualan. Aliran ini merupakan open marketing sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar. Sedangkan aliran menawarkan akan mengajarkan Anda bagaimana biaya marketing bisa dibandingkan dengan hasil penjualan. Aliran ini merupakan close marketing di mana biaya marketing bisa diukur hasil penjualannya.

Di dalam marketing, dalam membuat usaha Anda menjadi ramai, apakah harus branding terus-menerus? Atau Anda harus melakukan yang namanya Marketing Research terlebih dahulu? Memang benar, Marketing Research membantu Anda kepada target market Anda.

Tapi yang paling baik jangan terpengaruh kepada semuanya, karena yang paling penting adalah yang mana yang bisa membuat produk atau jasa Anda LAKU. Kalau dengan Cara A, produk dan jasa Anda laku, maka lakukanlah! Dan jika dengan cara B, produk dan jasa Anda laku, maka lakukan juga!

Dalam membuat judul, Anda harus membuatnya sampai mengenai Target Market Anda. Lalu judul yang baik itu yang harus bagaimana dan harus seberapa panjang? Judul harus bisa di baca selama 2-3 detik. Namun judul juga tidak menutup kemungkinan untuk panjang. Dalam membuat penawaran juga tidak selamannya harus pendek.

Namun biasanya penawaran yang panjang bisa membuat seseorang yang membaca malas untuk membacanya. Orang tersebut malas membaca karena surat penawaran yang di baca oleh orang tersebut kurang menarik. Oleh karena itu, cobalah Anda membuat surat penawaran yang menarik sehingga orang akan mau membacanya dari awal sampai dengan akhir.

Semoga bermanfaat. Saya Tung Desem Waringin mengucapkan salam dahsyat! (//ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar