Sabtu, 03 November 2012

20 Ide Pemasaran untuk Menumbuhkan Bisnis Kecil Anda

Marketing.co.id- Kesulitan dalam memasarkan bisnis kecil Anda? Berikut adalah 20 ide pemasaran yang dapat membantu Anda menarik perhatian dan membawanya dalam bisnis.
Marketing atau pemasaran merupakan kunci dari hampir semua bisnis apa pun. Ini tidak biasa, namun pada kenyataannya, sebuah produk yang biasa-biasa saja jika dibarengi dengan pemasaran yang luar biasa dapat mengalahkan sebuah produk berkualitas tinggi yang dipasarkan dengan cara yang buruk.

Tentunya, banyak perusahaan besar yang dapat mendedikasikan uang yang banyak dan staf untuk mendatangkan ide-ide pemasaran yang hebat untuk produk mereka. Namun bagaimana dengan perusahaan kecil dan menengah? Lantas, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil pemasaran Anda?

Jawabannya sangat sederhana: terus mencoba ide-ide pemasaran Anda yang belum Anda coba sebelumnya. Jika Anda mau mencarinya ide itu sangat berlimpah. Perhatikan Apa yang dilakukan perusahaan besar (maupun bisnis kecil lainnya) untuk mengenalkan dan mempromosikan produk mereka, dan kemudian menyesuaikan teknik pemasaran mereka untuk memenuhi target klien dan anggaran Anda sendiri.

Berikut adalah 20 ide pemasaran yang perlu dipertimbangkan:

Tampil beda. Ambil pelajaran dari para pengiklan merek besar untuk menemukan sesuatu yang dapat membedakan Anda dengan para pesaing, kemudian promosikan perbedaan tersebut. Perbedaan tersebut bisa dari slogan Anda, atau perbedaan utama dalam produk Anda. misalkan apakah tas koper yang Anda jual lebih ringan dari pesaing?

Bentuk aliansi strategis dengan bisnis lain. Carilah sebuah bisnis yang target pasarnya sama dengan Anda dan ajak mereka untuk bekerja sama. Bentuknya bisa bermacam-macam. Apakah secara aktif memasarkan jasa satu sama lain, atau bekerja secara bersama-sama untuk mengerjakan pekerjaan dari klien, aliansi strategis dapat memperluas jangkauan perusahaan hingga bottom-line Anda.

Segmentasi pasar Anda memungkinkan Anda untuk menciptakan produk terbaik atau mengembangkan spesialisasi yang menarik khususnya untuk kebutuhan setiap segmen.

Ekspansi ke pasar baru. Setidaknya ada tiga langkah untuk memperluas pasar yitu:
  • Periksa pasar pelengkap. Kemana pengiriman anda sekarang?  Kemungkinan besar kondisi serupa akan terjadi di pasar lain. Ini menunjukan bahwa bisnis anda bisa sukses di sana juga.
  • Lacak permintaan global produk anda. Karena anda sudah mengirim ke satu Negara atau wilayah tertentu. Anda dapat memanfaatkan data tersebut untuk melukis gambaran yang lebih jelas dari permintaan dan kompetisi untuk produk anda.
  • Bicarakan dengan rekan bisnis anda. Salah satu cara terbaik untuk memperluas pasar adalah belajar dari perusahaan lain yang sesuai dengan profil anda, baik melalui asosiasi industri perdagangan, kamar dagang lokal atau jaringan pemasok anda.
Menaruh bisnis Anda di internet. Jika Anda belum menaruh bisnis anda di internet, sebaiknya anda segera membuatnya.

Masuk dalam daftar Google Places adalah layanan dari Google untuk menyediakan alat yang mudah digunakan bagi para pemilik bisnis untuk mendukung usaha mereka dengan bantuan Google. – dailySocial.

Terlibat dalam sosial media. Anda dapat meminta pelanggan untuk ikut serta dalam jejaring sosial Anda. kemudian meminta mereka untuk menghabiskan beberapa menit sehari untuk berpartisipasi di jejaring sosial anda tersebut.

Isilah profil sosial media dengan detail sebanyak yang Anda bisa dan pastikan untuk mencantumkan link situs web dan produk.

Gunakan direct mail untuk menjangkau pelanggan Anda. Ya, itu adalah sebuah teknik kuno dalam dunia pemasaran yang masih banyak digunakan dan tetap bekerja dengan baik.

Mengirimkan Kartu nama atau postcard kepada pelanggan untuk mengingatkan mereka bahwa mereka harus datang kembali.

Masukkan kata kunci lokal  (nama kota atau daerah misalnya) pada halaman web Anda dan dalam tag judul untuk membantu para pencari web menemukan Anda.

Tambahkan tombol share di website Anda dan menganjurkan pengunjung untuk menggunakannya.

Gunakan email untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Hubungi mereka secara berkala dengan penawaran khusus, tips tentang menggunakan produk Anda, informasi industri, atau konten lain yang akan membantu mereka untuk kembali ke website Anda dan/atau membeli dari Anda.

Sertakan nomor telepon Anda dalam iklan pay-per-click Anda. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan untuk menelepom untuk mencari informasi lebih lanjut atau menelepon untuk melakukan pembelian.

Membuat tautan nomor telepon di website Anda (click-to-call) untuk memudahkan bagi pelanggan yang menggunakan smartphone dalam menghubungi Anda.

Pasang iklan di media setempat jika bisnis anda bersifat lokal. Carilah penawaran untuk memperoleh iklan Anda dalam kedua edisi baik cetak maupun online dari publikasinya.

Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi yang melakukan pembelian yang melebihi jumlah tertentu.

Jadilah proaktif dan terus-menerus. Anda belajar naik sepeda ketika masih kecil tapi tidak memikirkan bagaimana cara mengendarai sebuah sepeda? Anda pergi keluar dan mencobanya sampai anda belajar menyeimbangkan diri dan kemudian secara bertahap menambah kecepatan.

Tidak ada bedanya dengan pemasaran. Anda harus terus melakukannya sampai Anda menemukan apa yang efektif bagi bisnis Anda.

Mulailah dengan segera. Buatlah daftar ide pemasaran Anda sendiri. Sertakan ide pemasaran yang sudah digunakan dan belum Anda gunakan sebelumnya ke dalam daftar termasuk strategi pemasaran yang anda lihat dari perusahaan lain.

Kemudian mulai memasukkan satu per satu ke dalam praktek. Usahakan untuk mencoba salah satu ide pemasaran baru dalam seminggu. Dan rekrut orang-orang yang mau bekerja dengan Anda dan buang orang-orang yang tidak mau melihat bisnis anda berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar