Jumat, 23 November 2012

Co-Branding dan Peningkatan Pemasaran

Apakah Anda telah melakukan co-branding? Bagaimana co-branding bisa membantu peningkatan pemasaran kita? Saat ini banyak kita jumpai perusahaan yang melakukan co-branding.

Mungkin Anda pernah atau sering melihat banyak merek komputer yang menampilkan logo Intel, baik IBM, Dell, Acer, dan sebagainya. Atau, juga produsen prosesor yang sedang gencar-gencarnya yaitu AMD yang logonya banyak dipasang di berbagai merek komputer.

Lalu juga ada juga co-branding bank lokal ataupun internasional yang dilakukan dengan bersama klub sepak bola ternama atau dengan pusat perbelanjaan besar. Ada juga peralatan-peralatan masak dengan Teflon-Dupont dan masih banyak co-branding yang lainnya.

Pada dasarnya, co-branding merupakan penggabungan/kerjasama antara dua merek atau lebih yang antara lain bertujuan meningkatkan citra produk. Selain itu, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga bisa mendatangkan keuntungan atau nilai tambah bagi produk atau jasa hasil co-branding tersebut.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan saat melakukan suatu co-branding? Temukan data lengkap dari produk yang akan dilakukan kerja sama co-branding, termasuk kualitas, kredibilitas dan datadata akurat dari ahli atau sumber yang berkompeten. Faktor ini penting sebagai dasar co-branding serta tujuan dan target-target yang telah ditentukan.

Penyusunan sistem kerja sama yang mengarah ke win-win solution. Hal ini penting karena jika kita hanya fokus pada keuntungan semata, hasil yang akan kita raih tidak bisa optimal. Buat rancangan kerjasama yang matang, sehingga bisa benar-benar menguntungkan ke dua belah pihak, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Harus diingat pula bahwa dengan melakukan co-branding belum tentu menjamin untuk bisa memberikan hasil yang kita inginkan.

Karena itu, diperlukan ada sistem monitoring, serta pelaksanaan yang lebih integral. Kita juga harus senantiasa meng-update respons dari konsumen atau calon konsumen kita, apakah co-branding yang dilakukan bisa memberikan respons yang lebih positif terhadap produk kita pula? Dan tentu saja terhadap peningkatan pemasaran kita juga. Perancangan strategi marketing yang menyeluruh dan terpadu.

Langkah ini memungkinkan pelaksanaan 12 Pilar Marketing dengan lebih efektif. Salah satu contohnya, dengan melakukan promosi ataupun periklanan yang bisa mendukung ke dua belah pihak. Antara lain dengan membuat strategi periklanan yang matang termasuk detil-detilnya di antaranya komposisi, perancangan tata letak logo, besar kecilnya logo, headline, isi materi iklan, pemilihan media yang tepat, dan sebagainya.

Perlu kita ketahui juga bahwa ternyata tidak selalu co-branding bisa menghasilkan peningkatan pemasaran secara langsung. Ada co-branding yang tidak bisa menghasilkan peningkatan pemasaran; baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang sesuai yang diharapkan karena salah satunya tidak didukung oleh strategi pemasaran yang solid.

Mungkin co-branding-nya sendiri sudah cukup baik, namun disampaikan dengan komunikasi atau cara beriklan yang kurang tepat, serta tidak dilakukan berbagai aktivitas pemasaran yang terpadu.

Ingat, ada 12 pilar pemasaran. Selain beriklan, masih banyak pilar yang bisa kita lakukan untuk mengomunikasikan co-branding. Tentunya ini untuk bisa menyentuh target pasar kita dengan lebih tepat dengan cara yang lebih efektif.

Dan, di dalam buku Marketing Revolution, Anda bisa belajar lebih mendalam tentang ke-12 pilar tersebut. Saran penting; baca dan praktikkan pelajaran dari buku tersebut, maka akan Anda dapatkan hasil yang lebih baik untuk peningkatan pemasaran.

TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No. 1 Indonesia
follow Twitter: twitter.com/tungdw &
STEPHANUS P HARDJANTO TDW Senior Coach Partner) follow Facebook: www.facebook.com/stephanus.ph
(Koran SI/Koran SI/ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar