Rabu, 07 November 2012

STRATEGI PEMASARAN UNIK DAN KREATIF

Pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori pemasaran juga terus berkembang seiring kemajuan jaman. Dalam pemasaran ada empat komponen yang terdiri dari 4P yakni, Product (produk), Price (harga), Place (tempat, termasuk juga distribusi), Promotion (promosi).

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor (bisa disebut terpenting) yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran, terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat. Promosi merupakan salah satu senjata ampuh dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoJeh dan berapa harganya.


Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan hanya cuma satu, yaitu strategi pemasaran nan unik dan kreatif. Berikut ini mungkin strategi pemasaran unik dan kreatif yang dapat menginspirasi anda :


1. Berkreasi Dengan Merek

Semisal sebuah produk keripik singkong tradisional mungkin tak asing bagi masyarakat, tetapi usaha keripik modern mencoba dengan memberikan merek yang unik dan memiliki gradasi rasa. Misalnya, menggunakan istilah yang lagi ngetrend “zona galau” untuk menunjukkan tingkat kepedasan. Adapun tingkat kemanisan ditunjukkan dengan “zona CLBK”. Jadi, jangan heran mendengar ungkapan “Keripik Katela Galau Satu” atau “Katela Kribo CLBK Dua”.

2. Membuat Kemasan Produk Beragam dan Menarik

Tersedianya produk dengan beberapa ukuran dan harga tentunya, akanmemudahkan konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhannya, tidak harus beli 1 kg kalau cuma butuh 1/4 kg pastinya. Terlebih dengan kemasan produk yang unik, mungkin simple dan mudah diingat mata tentu akan lebih menarik. Selain itu kemasan yang lebih “go green” yang lagi ngetrend mungkin bias ditiru, seperti kemasan botol air mineral yang mudah diremuk, atau kantong plastic yang mudah hancur tanpa proses pengolahan dan kemasan dari bahan daur ulang.

3. Ciptakan Image Produk Lebih Spesialisasi

Mungkin bisa meniru produk kacang yang memberikan image sebagai teman nonton bola, supermarket snack sebagai teman kongko-kongko anak gaul atau kerudung untuk wanita muslimah yang pengen tetap gaul. Bahkan minuman berenergi sekarang menjadi kebutuhan wajib seusai beraktifitas atau beolah raga, mengalahkan minum air putih atau minum the manis.

4. Memberikan Hadiah

Siapa yang tak mau diberi hadiah ? Ini adalah cara paling ampuh yang diterapkan oleh produk baru agar cepat diminati. Hadiah dapat “disembunyikan” langsung dalam kemasan agar penasaran, atau memberikan “puzzle” pada kemasan agar konsumen mengumpulkan puzzle menjadi utuh untuk dapat ditukar hadiah. Ada juga memberikan hadiah langsung “beli dua gratis satu” misalnya.

5. Promosi di Media Online

Sekarang dengan kemajuan informasi orang akan lebih suka pada hal yang lagi ngetrend, dan hal itu jadi mudah dengan adanya facebook, twitter, blog dan lainnya. Apalagi dengan beriklan di media online ternyata lebih murah bahkan gratis, tapi dapat terekspos luas ke konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar