Jumat, 23 November 2012

4 Tahap Marketing Classic

Marketing Classic adalah ilmu marketing yang dalam proses kerja memakai aturan tata krama dan urut-urutan. Adapun empat tahap Marketing Classic, yaitu:

1. Tahap Pertama, adalah penentuan dan tujuan.

Penentuan dan tujuan berupa visi, misi, dan nilai-nilai. Anda harus menentukan dahulu visi dan misi yang diinginkan perusahaan, serta nilai-nilai apa saja yang harus ada dalam perusahaan dalam rangka mendukung visi dan misi tersebut.

2. Tahap Kedua, adalah tinjauan situasi.

Tinjauan situasi ini terdiri dari marketing research, analisa SWOT, dana sumsi. Sebaiknya sebelum membuka usaha, Anda harus mengadakan marketing research dahulu.

3. Tahap Ketiga, adalah tentang perumusan strategi atau pembuatan rencana secara terampil yaitu tujuan strategi.

Membuat rumusan strategi dan mengetahui tujuan strategi juga harus dilakukan agar strategi dapat berjalan dengan tepat dan sesuai dengan yang diinginkan karena strategi adalah salah satu cara untuk mencapai visi dan misi. Salah satu strategi yang sangat dikenal dalam dunia marketing adalah Anda harus memahami (Product, Promotion, Price, dan Place (4P).

4. Tahap Keempat, berupa Alokasi Dana, Sumber Daya, Penerapan & Pemantauan.

Anda harus dapat memperhitungkan berapa besar modal yang dibutuhkan. Anda harus memperhatikan penerapan dan pemantauan. Dalam menentukan tujuan harus punya satu yang namanya visi misi dan nilai-nilai perusahaan. Kemudian sebelum Anda marketing, Anda harus melakukan yang namanya Marketing Research. Setelah itu, Anda melakukan analisa. Sehingga Anda dapat menyimpulkan ada peluang atau tidak dalam Marketing Research.

Namun Anda juga harus Pilah-Pilah target Anda, Anda juga bisa memulai segmen, mulai membagi berdasarkan pendapatan Anda, berdasarkan pengeluaran, atau juga bisa berdasarkan jenis kelamin, laki-laki atau perempuan, ada berdasarkan umur. Kemudian Anda mulai melakukan target. Dari sekian banyak segment, mana yang akan Anda targetkan. Semoga Bermanfaat. Saya Tung Desem Waringin mengucapkan Salam Dahsyat! (//ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar