Jumat, 23 November 2012

Tetap Inovatif atau Puas Sekadar Menjadi Alternatif

"Kamera digital bisa mencetak foto tanpa bantuan printer?" Mungkin masih ada sebagian orang yang terheran-heran, "Bagaimana mungkin?" Dan, ternyata memang ada kamera digital yang bisa langsung mencetak foto tanpa printer, alias mencetak foto langsung dari kamera digitalnya hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Kamera digital saat ini memasuki persaingan yang semakin ketat. Berbagai perusahaan terkemuka dunia yang memproduksi kamera digital berlomba-lomba memberikan inovasi terbaik dan menarik hati konsumen agar membelinya. Saat ini ada beberapa produsen kamera yang menawarkan teknologi dalam kamera digital:

? Bisa mencetak foto langsung dari kameranya.
? Memiliki kemampuan menangkap gambar yang lebih jernih dan jelas dengan kemampuan sensor megapiksel yang sangat tinggi.
? Bisa merekam gambar dengan sangat cepat dan dengan hasil yang memuaskan.
? Ramah lingkungan dan bisa didaur ulang.
? Bisa langsung terhubung dengan internet.

Dan, masih banyak lagi berbagai inovasi menarik dan canggih lainnya. Di awal booming kamera digital, kemampuan sensor dua megapiksel sudah merupakan sesuatu yang menakjubkan, meski dibanderol dengan harga yang tinggi, orang tetap mau membelinya.

Sekarang, semakin berkembang dan muncul inovasi canggih bahkan mampu meng-capture gambar hingga 10 megapiksel, 20 megapiksel atau lebih tinggi lagi. Harganya pun, kini tidak lagi mahal, namun lebih terjangkau.

Produsen ponsel dari Finlandia bahkan pernah memperkenalkan perangkat telekomunikasi cerdas dengan kemampuan kamera digitalnya hingga 41 megapiksel. Sangat luar biasa memang. Sampai-sampai orang sempat bingung dibuatnya, "Enaknya beli Kamera digital atau smartphone yang ada kameranya sekalian ya?"

Kamera digital, camcorder, smartphone, dan sebagainya merupakan salah satu bukti nyata pentingnya inovasi untuk bisa bertahan dalam era kompetisi yang super ketat seperti sekarang.

Tentunya, tidak sembarang inovasi. Dalam membuat inovasi harus terukur dan diimbangi dengan berbagai strategi marketing yang dahsyat. Sebagai contoh, dulu sempat ada ponsel dengan memiliki kemampuan seperti kamera digital yang cukup canggih, di mana lensa kamera memiliki kemampuan optical zoom bukan hanya digital zoom. Sehingga lensa kameranya bisa "bergerak keluar" – zooming dari body-nya, yang memungkinkan gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Sayangnya, selain harus mengorbankan bentuknya yang menjadi lebih tebal, ternyata inovasi ponsel tersebut tidak didukung strategi marketing yang dahsyat. Sehingga tidak banyak orang mengenalnya dan pada akhirnya hingga kini tidak banyak orang menggunakannya. Beberapa tahun lalu pernah juga ada ponsel yang bisa melakukan scan kartu nama.

Ponsel tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu alat bisnis yang canggih, di mana setiap berkenalan dengan seseorang dan ia memberikan kartu namanya, maka saat itu juga kartu nama itu bisa di-scan melalui ponsel dan datanya bisa langsung disimpan di ponsel tersebut.

Namun sekali lagi, ternyata inovasi tersebut tidak didukung dengan strategi marketing yang andal, sehingga sekarang inovasi tersebut tidak berkembang. Tentunya konsumen sangat senang dengan adanya berbagai inovasi canggih yang dihasilkan produsen. Sehingga memungkinkan semua orang bisa menggunakan teknologi yang semakin luar biasa tersebut.

Tak terkecuali mulai dari anak-anak hingga orang tua. Namun, berbagai inovasi yang ada sering tidak diimbangi dengan kemampuan "paket" marketing yang andal. Untuk mengembangkan pemasaran suatu produk,inovasi memang merupakan suatu yang penting agar tidak tersisih dengan berbagai kompetitor.

Sehingga, tidak hanya menjadi alternatif terakhir bagi konsumen dalam menentukan pilihannya. Namun, inovasi saja tentunya tidak cukup; perlu berbagai strategi yang mampu mengoptimalkan inovasi menjadi sesuatu yang benar-benar memiliki kecanggihan plus nilai tambah bagi konsumennya.

Apa saja atau bagaimana caranya agar inovasi yang Anda lakukan tidak hanya menghasilkan sesuatu yang membuat orang lain kagum, sekaligus membuat orang lain berebut untuk mencari-cari produk Anda? Ikuti pembahasan tentang tiga strategi penting agar inovasi yang Anda lakukan juga bisa menghasilkan peningkatan pemasaran yang dahsyat; di artikel Marketing Revolution selanjutnya.

TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No. 1 Indonesia
follow Twitter: twitter.com/tungdw &
STEPHANUS P HARDJANTO
(TDW Senior Coach Partner)
follow Facebook: www.facebook.com/stephanus.ph
(Koran SI/Koran SI/ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar