Minggu, 04 November 2012

Persepsi Menentukan Profit

Seorang yang memiliki usaha yangsukses yakin bahwa customer yang puas akan memberi Anda bisnis yang memuaskan juga. Untuk membuat customer puas, Anda harus memiliki strategi customer service yang baik.

Saya akan menceritakan sebuah kisah seseorang yang menekuni usaha bidang biro perjalanan, di mana kompetisi tidak terduga, harga melonjak, airlines menerapkan fuel surcharge dan insurance sekenanya. Akibatnya customer jadi korban. Banyak yang marah-marah, tim saya menjadi tameng agar customer tetap tenang dan penjualan tetap meningkat.

Menyikapi kondisi dimana usaha tersebut mengalami penurunan yang sangat drastis, saya harus memikirkan cara terbaik agar customer tetap loyal. Strategi dari buku-buku dahsyat saya kumpulkan, ada focus group, survey ke ratusan pelanggan. Bahkan, saya turun tangan ke lapangan bicara langsung dengan target pasar kami.

Ada penemuan yang mengejutkan. Dalam keadaan yang sangat kacau, tiba-tiba terpikir untuk berpikir positif.Saya mulai berkata-kata, "Ternyata usaha biro perjalanan is very SIMPLE!" Saya ulang, "Usaha Biro Perjalanan is very very simple."

"Persepsi yang positif akan mendatangkan profit yang luar biasa. Tidak ada hal lain, customer justru suka dengan kesederhanaan. Semakin mudah seorang customer melakukan transaksi, semakin puas hati mereka.

Usaha yang sukses dimulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana, hal-hal yang tidak terpikirkan, hal yang sebetulnya Anda sudah tahu tapi Anda abaikan. Dan mulailah untuk berpikir positif.
Salam Pencerahan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar