Rabu, 07 November 2012

Sudahkah Anda Menerapkan Konsep Pemasaran Unique Selling Point?

www.marketing.co.id - Banyak para pebisnis yang ingin bisnisnya berjalan dengan cepat, tapi tidak menemukan perbedaakan dari bisnis yang serupa yang dijalankan oleh para kompetitor. Dengan menemukan permasalahan seperti itu, para pebisnis sebaiknya menonjolkan konsep atau ide pemasaran unique selling point (USP).

Bagaimana menonjolkan titik pemasaran unik ini, sehingga bisnis Anda menjadi meningkat?

Produk sebaiknya memiliki menimal satu USP, sebuah faktor yang membedakan dan menjadikan produk tersebut lebih unggul dibandingkan produk para pesaing.

Sepertinya ide USP merupakan bagian paling mendasar dari persaingan ide. Ide ini menyarankan setiap produknya sebaiknya memiliki ‘selling point’ yang efektif, langsung, dan mudah untuk diringkas, yang menarik bagi pelanggan serta  tidak dimiliki oleh pesaing. Namun yang mengejutkan, hanya sedikit bisnis yang menerapkan ide ini. Itu pun sekedar memenuhi standar industri  tanpa berminat melampauinya, dengan hanya bergantung pada momentum pasar untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu contohnya Tesco, jaringan terbesar di Inggris menolak pendekatan semacam itu. Perusahaan ini justru memutuskan untuk melampaui pemimpin pasar. Tesco memutuskan untuk beroperasi 24 jam sehari, dan menjadi supermarket pertama di Inggris yang melakukannya.

Tesco juga memperkenalkan sejumlah USP lain, termasuk janji untuk membuka kasa jika terdapat lebih dari tiga orang yang mengantre, dan menyediakan jasa bag-packing gratis (sebuah layanan yang masih jarang digunakan di Inggris pada waktu itu).
Selain USP ‘praktis’ ada juga USP ‘emosional.’ Walaupun sepertinya tidak memberikan keunggulan praktis bagi pelanggan, USP emosional memampukan perusahaan untuk membedakan diri dan produknya dengan menggunakan pemasaran guna memicu reaksi emosional calon klien.

Pada reaksi ini meliputi hasrat untuk memiliki status tertentu atau perasaan sukses. Produsen mobil mewah seperti Mercedes-Benz menonjolkan banyak keunggulan praktis, diragukan bahwa kesuksesan mereka dikarenakan oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan terbatas tentang mobil serta hasrat untuk memperlihatkan citra diri mereka di masyarakat.
Kerja keras secara konstan untuk menciptakan USP merupakan faktor yang mendorong sebuah industri yang maju, menghindari kemandekan, serta memberi manfaat baik bagi pelanggan maupun keuntungan dari organisasi yang berhasil membuat dirinya berbeda dari yang lain.

Bagi penerapannya bagi bisnis Anda
  • Sadarilah bahwa USP Anda sebaiknya dinamis dan mudah berubah. Karena jika sukses, para pesaing tampaknya akan mulai menirunya. Berinovasilah untuk menciptakan USP baru dan terus memimpin persaingan.
  • Cari tahu apa yang paling dihargai, yang sangat kurang saat ini, dan yang pelanggan Anda bersedia untuk membelinya, kemudian kembangkan menjadi USP Anda, bisa berupa manfaaat produk bagi mereka, harganya, atau layanan yang mereka terima.
  • Tawarkan kualitas terbaik, hal ini dapat memastikan produk Anda memilki USP praktis dan USP emosional yang berorintasi pada status.
  • Tawarkan pilihan yang paling beragam, hal ini dapat mencakup penciptaan spesialisasi dan segmentasi pasar Anda.

Cobalah konsep pemasaran dari unique selling point siapa tahu bisa mengembangkan bisnis Anda agar lebih sukses lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar