www.marketing.co.id -
Banyak para pebisnis yang ingin bisnisnya berjalan dengan cepat, tapi
tidak menemukan perbedaakan dari bisnis yang serupa yang dijalankan oleh
para kompetitor. Dengan menemukan permasalahan seperti itu, para
pebisnis sebaiknya menonjolkan konsep atau ide pemasaran unique selling point (USP).
Bagaimana menonjolkan titik pemasaran unik ini, sehingga bisnis Anda menjadi meningkat?
Produk sebaiknya memiliki menimal satu USP, sebuah faktor yang
membedakan dan menjadikan produk tersebut lebih unggul dibandingkan
produk para pesaing.
Sepertinya ide USP merupakan bagian paling mendasar dari persaingan
ide. Ide ini menyarankan setiap produknya sebaiknya memiliki ‘selling
point’ yang efektif, langsung, dan mudah untuk diringkas, yang menarik
bagi pelanggan serta tidak dimiliki oleh pesaing. Namun yang
mengejutkan, hanya sedikit bisnis yang menerapkan ide ini. Itu pun
sekedar memenuhi standar industri tanpa berminat melampauinya, dengan
hanya bergantung pada momentum pasar untuk mendapatkan keuntungan.
Salah satu contohnya Tesco, jaringan terbesar di Inggris menolak
pendekatan semacam itu. Perusahaan ini justru memutuskan untuk melampaui
pemimpin pasar. Tesco memutuskan untuk beroperasi 24 jam sehari, dan
menjadi supermarket pertama di Inggris yang melakukannya.
Tesco juga memperkenalkan sejumlah USP lain, termasuk janji untuk
membuka kasa jika terdapat lebih dari tiga orang yang mengantre, dan
menyediakan jasa bag-packing gratis (sebuah layanan yang masih jarang digunakan di Inggris pada waktu itu).
Selain USP ‘praktis’ ada juga USP ‘emosional.’ Walaupun sepertinya
tidak memberikan keunggulan praktis bagi pelanggan, USP emosional
memampukan perusahaan untuk membedakan diri dan produknya dengan
menggunakan pemasaran guna memicu reaksi emosional calon klien.
Pada reaksi ini meliputi hasrat untuk memiliki status tertentu atau
perasaan sukses. Produsen mobil mewah seperti Mercedes-Benz menonjolkan
banyak keunggulan praktis, diragukan bahwa kesuksesan mereka dikarenakan
oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan terbatas tentang mobil serta
hasrat untuk memperlihatkan citra diri mereka di masyarakat.
Kerja keras secara konstan untuk menciptakan USP merupakan faktor
yang mendorong sebuah industri yang maju, menghindari kemandekan, serta
memberi manfaat baik bagi pelanggan maupun keuntungan dari organisasi
yang berhasil membuat dirinya berbeda dari yang lain.
Bagi penerapannya bagi bisnis Anda
- Sadarilah bahwa USP Anda sebaiknya dinamis dan mudah berubah. Karena jika sukses, para pesaing tampaknya akan mulai menirunya. Berinovasilah untuk menciptakan USP baru dan terus memimpin persaingan.
- Cari tahu apa yang paling dihargai, yang sangat kurang saat ini, dan yang pelanggan Anda bersedia untuk membelinya, kemudian kembangkan menjadi USP Anda, bisa berupa manfaaat produk bagi mereka, harganya, atau layanan yang mereka terima.
- Tawarkan kualitas terbaik, hal ini dapat memastikan produk Anda memilki USP praktis dan USP emosional yang berorintasi pada status.
- Tawarkan pilihan yang paling beragam, hal ini dapat mencakup penciptaan spesialisasi dan segmentasi pasar Anda.
Cobalah konsep pemasaran dari unique selling point siapa tahu bisa mengembangkan bisnis Anda agar lebih sukses lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar