Untuk memasarkan produk baru, mungkin Anda sudah mengerahkan segala
jurus. Namun hasilnya ternyata tetap mengecewakan. Penulis Philip Kotler
mencoba
menganalisis apa saja faktor yang menyebabkan pola pemasaran kontemporer
tak berfungsi. Hasilnya ia menyimpulkan ada 10 dosa pemasaran
mematikan yang ia tulis dalam buku "Ten Deadly Marketing Sins". Mungkin
salah satu atau lebih dari sepuluh dosa tersebut sudah Anda lakukan.
Kesepuluh dosa itu adalah
1. Anda tidak berfokus pada pasar dan perusahaan Anda tidak digerakkan oleh konsumen pada tingkat yang memadai.
2. Anda tidak sepenuhnya memahami konsumen target Anda.
3. Anda perlu mendefinisikan dan memonitor pesaing-pesaing Anda dengan lebih baik.
4. Anda tidak mengelola hubungan dengan para stakeholder secara benar.
5. Anda kurang lihai mememukan peluang-peluang baru.
6. Rencana pemasaran dan proses perencanaan pemasaran Anda buruk
7. Kebijakan-kebijakan produk dan jasa Anda memerlukan pengetatan
8. Keahlian-keahlian brand-building dan komunikasi Anda lemah.
9. Perusahaan Anda tidak terorganisir cukup baik untuk menjalankan pemasaran secara efisien dan efektif.
10. Anda tidak memaksimalkan pemanfaatan teknologi.
Apakah salah satunya Anda lakukan? Dalam buku Ten Deadly Marketing Sins, Kotler tak hanya menemukan akar masalah tersebut, ia juga memberikan solusinya. Inilah yang membuat buku ini jadi menarik. (Sumber: Buku karya Philip Kotler: Ten Deadly Marketing Sins. Ilustrasi foto: http://www.mrcheckout.net)
Kesepuluh dosa itu adalah
1. Anda tidak berfokus pada pasar dan perusahaan Anda tidak digerakkan oleh konsumen pada tingkat yang memadai.
2. Anda tidak sepenuhnya memahami konsumen target Anda.
3. Anda perlu mendefinisikan dan memonitor pesaing-pesaing Anda dengan lebih baik.
4. Anda tidak mengelola hubungan dengan para stakeholder secara benar.
5. Anda kurang lihai mememukan peluang-peluang baru.
6. Rencana pemasaran dan proses perencanaan pemasaran Anda buruk
7. Kebijakan-kebijakan produk dan jasa Anda memerlukan pengetatan
8. Keahlian-keahlian brand-building dan komunikasi Anda lemah.
9. Perusahaan Anda tidak terorganisir cukup baik untuk menjalankan pemasaran secara efisien dan efektif.
10. Anda tidak memaksimalkan pemanfaatan teknologi.
Apakah salah satunya Anda lakukan? Dalam buku Ten Deadly Marketing Sins, Kotler tak hanya menemukan akar masalah tersebut, ia juga memberikan solusinya. Inilah yang membuat buku ini jadi menarik. (Sumber: Buku karya Philip Kotler: Ten Deadly Marketing Sins. Ilustrasi foto: http://www.mrcheckout.net)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar