Minggu, 04 November 2012

Change for Growth (bagian 2)

Sehubungan dengan bagian pertama dari tulisan ini. Ada beberapa poin penting yang ingin saya bagikan kepada Anda mengenai perubahan ke arah yang lebih baik.
 
Pertama, sadarilah bahwa perubahan diri adalah tanggung jawab Anda pribadi. Pihak luar atau situasi hanyalah bisa menjadi stimulus namun komitmen untuk berubah harus datang dari dalam diri sendiri.

John C. Maxwell dalam buku Thinking For a Change mengatakan pada dasarnya perubahan bersifat 3P:
Change is Personal - I need to change.
Change is Possible - I'm able to change.
Change is Profitable - I'll be rewarded by change.
 
 
Kedua, ambil waktu untuk menentukan apa yang Anda inginkan di masa mendatang. Ini berkaitan dengan visi hidup Anda. Dengan kata lain, perubahan positif apa yang Anda ingin lihat terjadi masa mendatang.
 
Ketiga, uraikan manfaat-manfaat positif apa yang kiranya bisa Anda dapatkan jika Anda sungguh-sungguh mau berubah dan memperjuangkan visi Anda. Seringkali komitmen untuk berubah mudah pudar di tengah jalan karena kita mengalihkan fokus kita kepada hambatan yang ada. Kita merasa harga yang kita bayar terlalu tinggi atau terlalu mahal untuk sebuah perubahan. Itulah sebabnya, ada baiknya, kita mengkalkulasi manfaat-manfaat positif perubahan sejak awal. Bahkan, ada baiknya juga kita mengkalkulasi dampak yang akan kita alami jika kita tidak berubah.
 
Keempat, miliki teman pendukung perubahan. Semangat serta komitmen untuk berubah akan semakin kuat jika kita memliki teman-teman yang mendukung kita. Mereka bisa saja mentor, sahabat, pasangan hidup, dan sebagainya. Dengan mereka kita bisa berdiskusi mengenai strategi perubahan bahkan mereka bisa kita minta menjadi rekan untuk mengingatkan kita dalam proses perubahan. Tambahkan juga doa sebagai pendukung Anda untuk berubah.
 
Kelima, perjuangkan perubahan dengan sepenuh hati. Maxwell benar ketika berkata, "Tidak mengetahui apa yang Anda inginkan adalah masalah pengetahuan. Tidak mengejar apa yang Anda inginkan adalah masalah motivasi. Tidak mencapai apa yang Anda inginkan adalah masalah ketekunan."
Selamat berubah untuk masa depan yang lebih baik.
 
* Penulis adalah: Best Selling Author, Motivational Teacher and Leadership Trainer. Kunjungi www.pauluswinarto.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar