Rabu, 07 November 2012

Marketing Mix Basics

Marketing mix adalah kombinasi dari elemen-elemen marketing dan peran apa yang dimainkan setiap elemen tersebut dalam mempromosikan produk atau jasa, sekaligus juga dalam membawa produk dan jasa tersebut kepada pelanggan.

Elemen dari marketing mix disebut juga 5 P. Selama bertahun-tahun mengacu pada 4 P, tapi kini ditambahkan lagi menjadi 5 P. 4 P original dari marketing yang disebut juga sebagai elemen-elemen dari marketing mix adalah:

  • Product: Produk atau jasa yang ditawarkan untuk pelanggan. Segala atribut fisik, apa saja fungsinya, apa bedanya dengan milik kompetitor, dan benefit apa saja yang bisa diberikan?
  • Price: Bagaimana Anda memberi harga pada produk atau jasa supaya harganya bisa tetap kompetitif tapi tetap mampu menghasilkan profit.
  • Place: Dimana bisnis Anda menjual produk atau jasanya dan bagaimana produk dan jasa tersebut bisa disalurkan pada pelanggan (P yang ini dikenal juga dengan Distribusi).
  • Promotion: Metode atau cara yang digunakan untuk mengkomunikasikan fitur dan benefit dari produk atau jasa Anda kepada pelanggan.

P yang Kelima dari Marketing
Beberapa orang yang ahli teori marketing telah menambahkan P yang kelima pada elemen marketing atau marketing mix, yaitu People. Ketika dikaitkan sebagai elemen dari marketing mix, People berarti bagaimana tingkat keahlian, kemampuan dan pengetahuan dari semua SDM yang bekerja pada Anda bisa digunakan untuk membedakan bisnis Anda dengan pesaing lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar