Jumat, 23 November 2012

Analisa S.W.O.T dalam Marketing Research

DALAM dunia marketing online maupun offline, selalu disarankan utnuk melakukan satu yang namanya research atau marketing research. Namun kriterianya seperti apa yah? Saya akan jelaskan di sini tentang Analisa S.W.O.T yang sering saya ajarkan dalam seminar Sales and Marketing Revolution, yaitu S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat), yaitu:

Strength = Kekuatan Anda apa selama sekian lama menjalankan usaha ini. Misalnya saja Anda sudah mengetahui produk mana saja yang laku dan bagaimana cara berjualannya. (Yang sudah terbukti bisa meramaikan dan menguntungkan usaha Anda).

Weakness = Kelemahannya apa?
Opportunity = Ada Peluang atau Tidak?
Threat = Ancaman-nya ada atau tidak? Ancaman ini bisa berbagai kalangan. Jika Anda megalami hal ini, yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pola pikir Anda untuk lebih jeli, pintar untuk bagaimana menghadapi sebuah Ancaman yang datang.

Selanjutnya Anda melakukan yang namanya Asumsi, ini bertujuan agar Anda mengetahui apakah ini masih bisa berjalan atau tidak. Atau bisa juga apakah masih bisa bergerak atau tidak dengan segala macam analisa Anda.

Sekian analisa S.W.O.T dari saya, semoga bermanfaat untuk marketing research Anda. Salam Dahsyat. (//ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar