Jumat, 23 November 2012

"Cara Mendobrak Pangsa Pasar dengan Strategi Harga yang Jitu"

Mau, tablet berkualitas dengan harga hanya di bawah Rp2 jutaan? "Mana mungkin ada tablet berkualitas hanya di bawah Rp2 jutaan?

"Mungkin itu jawaban pertama Anda ketika melihat atau mendengar pertanyaan tersebut. Beberapa waktu lalu, berbagai produsen tablet yang sudah ada di pasaran sempat dikagetkan dengan munculnya produk tablet dari Amazon yang berkualitas dan canggih, terlebih lagi ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas yang bisa dikatakan mampu bersaing dengan berbagai produk tablet sebelumnya. Banyak pencinta tablet pun juga kaget mendengar berita tersebut, dan segera memburu produk dari Amazon itu.

Pertanyaannya, "Kok bisa tablet canggih berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau? Bagaimana bisa untung?... apa tidak rugi". "Mengapa tidak dijual saja dengan harga yang lebih tinggi? Toh, tablet lainnya meski dengan harga Rp5 jutaan masih saja banyak orang juga mau membelinya." Seperti yang telah kita ketahui bahwa Amazon merupakan salah satu perusahaan besar di dunia dalam bidang penjualan buku, CD music, DVD film, software, dan berbagai barang lainnya secara online.

Tentu saja, Amazon menginginkan untuk senantiasa bisa memberikan yang terbaik kepada para konsumennya. Oleh karena itu, dengan hadirnya produk tablet yang berkualitas dengan harga yang sangat bersaing merupakan suatu cara yang efektif.

Salah satunya agar lebih banyak lagi orang yang bisa terhubung dengan internet bisa menikmati berbagai film, musik, buku, majalah, dan sebagainya (dan nantinya para pengguna tablet tersebut juga bisa melakukan berbagai transaksi pembelian produk lewat internet melalui portal Amazon.com, tentunya).

Merupakan suatu strategi yang cerdas, di mana sekarang ini banyak orang mulai gandrung dengan tablet, (dan sebenarnya masih banyak lagi orang yang tertarik ingin memiliki tablet, hanya saja karena harganya masih dianggap tinggi, maka masih banyak orang belum bisa memilikinya).

Dan…terjawab sudah oleh Amazon! Bisa jadi makin banyak orang yang akan memburu, membeli, dan memiliki tablet tersebut, dan tentu saja nantinya semakin banyak orang yang berminat untuk membeli pula produk-produk yang ditawarkan oleh Amazon.

Maka meskipun dijual dengan harga yang sangat terjangkau, Amazon tidaklah rugi, bahkan memungkinkan untuk meraih berbagai keuntungan dalam penjualan, program atau penawaran-penawaran selanjutnya. Strategi harga yang tepat tentunya mampu membantu untuk meningkatkan pemasaran. Namun, kita juga harus memperhatikan beberapa hal penting, di antaranya:

Back end sale strategy

Jika memberikan harga yang murah semata, tentu tidak akan memberikan profit yang menguntungkan bagi kelangsungan bisnis di masa mendatang. Karena itu, Anda juga harus mampu melakukan back end sale, yaitu jika kita ingin menjual sesuatu produk, bisa saja harganya murah.

Namun pastikan dari produk tersebut akan mampu menghasilkan penawaran dan penjualan berikutnya. Contohnya: jika produk berupa tablet, salah satunya bisa menjual berbagai produk, konten atau software/-aplikasi yang bisa melengkapi kemampuan tablet tersebut.

Tentu saja bisa bekerja sama dengan berbagai pihak lain yang ada. Jika Anda mempunyai bisnis salon misalnya, pertama-tama Anda boleh memberikan harga yang murah, namun pastikan Anda juga memberikan berbagai penawaran lain yang mampu menghasilkan penjualan yang lebih menguntungkan.

Misalnya untuk potong rambut memang murah, namun Anda bisa menawarkan untuk paket SPA, atau terapi kecantikan, misalnya yang nantinya bisa menghasilkan keuntungan yang lebih untuk bisnis salon Anda tersebut.

Harga murah bukan berarti harus rugi
Pastikan pula bahwa harga murah bukan berarti Anda harus menanggung kerugian, apalagi rugi terus-menerus. Strategi harga yang jitu adalah strategi yang dilengkapi dengan monitoring, tes dan ukur dengan konsisten. Karena jika memang terbukti dengan harga murah terus merugi, Anda harus perhatikan kembali dan di-review kembali, apanya yang salah? Kemudian perbaiki kembali sistem penawarannya.

Mungkin saja harganya bisa mulai dinaikkan sedikit, dan alternatifnya para konsumen diberikan suatu benefit yang memiliki value lebih tinggi. Misalnya diberikan voucher belanja untuk produk Anda yang lainnya (intinya Anda tidak harus mengeluarkan bujet lagi) dan Anda tidak merugi.

Limited-time Program

Harus diperhatikan juga untuk memberikan batas waktu yang jelas. Misalnya harganya memang lebih murah jika membeli di periode yang telah ditetapkan. Salah satu maksudnya, agar para konsumen cepat melakukan action pembelian, tidak menunggu-nunggu lagi.

GRATIS !!! 50 Tiket
Seminar Financial Revolution Untuk Anda....bagi 50 orang yang terpilih, masing-masing mendapat satu tiket seminar Financial Revolution, hanya dengan email ke: Marketing Revolution@dahsyat.com.

TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No. 1 Indonesia
follow Twitter: twitter.com/tungdw
&
STEPHANUS P HARDJANTO
(TDW Senior Coach Partner)
follow Facebook: www.facebook.com/stephanus.ph
(Koran SI/Koran SI/ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar