Jumat, 23 November 2012

Cara Menciptakan Isi Penawaran yang Menarik

DALAM upaya Menciptakan Isi Penawaran yang Menarik sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana manusia merespons sebuah penawaran. Sekali kita mengetahui formula ini, menciptakan Penawaran yang begitu menarik akan menjadi sangat mudah.
Ketika orang menerima penawaran, dia akan bertanya kepada diri sendiri:

1. Apa yang Anda tawarkan ?

2. Berapa harganya ?

3. Apa benefit-nya untuk saya? Varian dari pertanyaan ini adalah :
“Apakah kenikmatan yang ditawarkan lebih besar daripada kesengsaraan yang harus diberikan?”
“Apakah Nilai yang didapatkan lebih besar daripada nilai yang harus dibayarkan?”
“Apakah Perceived Value yang ditawarkan lebih besar daripada risiko yang harus dijalani?”
“Apakah Return on Investment ( ROI/Laba yang dihasilkan dari investasi ) lebih besar daripada Uang yang harus dibayarkan?”

4. Kenapa saya harus percaya kepada Anda?

5. Kenapa saya harus beli sekarang?

Orang selalu menimbang antara positif dan negatif. Bila kenikmatan/positifnya lebih besar dibanding negatifnya/risikonya atau bahkan risikonya menjadi nol (0) maka kemungkinan membeli akan lebih tinggi. Dengan bekal ini Penawaran yang sangat menarik dibuat dengan:

1. Meningkatkan kenikmatan/Perceived Value/ROI/hal-hal yang positif.

Cara meningkatkan kenikmatan adalah dengan meningkatkan nilai tambah. Meningkatkan nilai tambah dapat dilakukan dengan:

a.    Berhadiah aksesoris yang masih terkait dengan produk/jasa yang dijual
b.    Berhadiah produksi/jasa sejenis yang terkait dengan produk/jasa yang dijual
c.    Berhadiah produk/jasa yang tidak ada hubungannya dengan produk/jasa yang dijual
d.    Melakukan undian berhadiah

2.    Mengurangi atau meniadakan keberatan/kesengsaraan/risiko/hal-hal yang negatifDalam menciptakan penawaran yang mengurangi atau meniadakan keberatan, kita harus paham apa yang paling sering dikhawatirkan seorang pembeli, antara lain:

a.    Jangan-jangan yang saya bayarkan terlalu mahal
b.    Jangan-jangan nanti repot memakainya
c.    Kalau saya tidak suka nanti saya tidak bisa mengembalikan
d.    Apakah benar-benar bermanfaat
e.    Kalau nanti rusak/ada yang salah ada yang bantu tidak, ya?

Kita harus menciptakan penawaran yang isinya memberikan solusi atas jenis-jenis kekhawatiran tersebut sehingga orang yang melihat penawaran kita kemungkinan besar akan tertarik dan akhirnya mau membeli produk/jasa kita.

Semoga bermanfaat. Saya Tung Desem Waringin mengucapkan salam dahsyat! (//wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar