Saya menulis cerita ini karena menurut saya sangat
mengagumkan. Salah satu bisnis yang saya coach beberapa tahun lalu,
bergerak di bidang rumah makan.
Pertama kali bertemu saya, omset rumah makan ini sekitar 2 juta per
hari. Jam sibuk hanya saat makan siang dan makan malam saja. Selama ini
strategi yang sudah diterapkan adalah dengan mengirimkan brosur ke
rumah-rumah, iklan di surat kabar 2x100mmk.
Biaya yang dikeluarkan selama ini antara 3-7 juta perbulan. Dua strategi
marketing ini sudah lama ditinggalkan setelah saya melakukan Business
Strategic Review dan menemukan ada 19 in-efisiensi yang menyebabkan
bisnis ini tidak profit.
Problem terbesar
Selama 7 bulan profit tergerus karena biaya semakin mahal dan tidak
mudah mengundang customer untuk makan di restonya. Biasanya mereka bisa
mendapat regular customer datang makan siang, makan malam atau delivery
secara rutin, namun sejak adanya competitor yang membuka fancy resto,
sea food dan kopitiam tempoe doeloe, customer banyak yang pindah.
Coaching session
Saat sesi coaching berlangsung, saya menemukan banyak sekali
kendala operasional yang terjadi. Bahkan sebagian kesalahannya sangat
fatal. Namun kita akhirnya sepakat untuk fokus menyelamatkan cashflow dan profit bisnis yang ada.
Dua kesalahan fatal yang saya temukan adalah:
1.Tidak ada database customer yang valid
2.Tidak ada program yang menarik untuk membuat customer kembali berbelanja
1.Tidak ada database customer yang valid
2.Tidak ada program yang menarik untuk membuat customer kembali berbelanja
Strategi
Saya meminta client ini untuk menangkap sebanyak mungkin database pelanggan. Baik saat delivery atau dine-in. Alasan data capture
ini dengan menawarkan Special Voucher Offer untuk dikirimkan ke alamat
masing-masing. Alhasil mereka mendapat lebih dari 500 nama, alamat,
nomor telepon, handphone selama satu setengah bulan. Dari total sekitar
900 customer, 55% bersedua memberi data.
Setelah nama dan data di tangan, kita melakukan strategi untuk memastikan ada repeat order, seperti:
1.Membuat weekend special menu
2.Seafood night
3.Magician night
4.Hypnosis night
5.Free for Children
6.Try us! We give your more
7.Wedding anniversary night
8.Birthday special
9.Dan seterusnya
1.Membuat weekend special menu
2.Seafood night
3.Magician night
4.Hypnosis night
5.Free for Children
6.Try us! We give your more
7.Wedding anniversary night
8.Birthday special
9.Dan seterusnya
Setelah berjalan beberapa bulan omset penjualan bergerak naik, bahkan
lebih dari 300%. Bagaimana Anda bisa melakukan ini untuk bisnis Anda,
tergantung dari seberapa konsisten Anda membuat pelanggan ingat Anda.
Kompetisi semakin tajam, penjualan bisa menurun, namun asset terbesar
Anda adalah memastikan semua customer yang pernah datang selalu mencoba
untuk bertransaksi kembali dengan Anda. Ini adalah ladang emas yang
harus terus dipelihara.
Tom MC Ifle
www.topcoachindonesia.com
Tom MC Ifle
www.topcoachindonesia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar