Maraknya pertumbuhan bisnis
di berbagai penjuru nusantara, tentunya tidak bisa dipisahkan dari
tingkat persaingan pasar yang semakin hari semakin pesat. Kondisi ini
tentunya menghadirkan tantangan baru bagi para pelaku bisnis di
Indonesia, sehingga mereka dituntut untuk selalu aktif dan kreatif dalam
menentukan strategi pemasaran produk yang akan mereka tawarkan kepada
calon pelanggannya.
Melihat kondisi tersebut, yang perlu diperhatikan para pelaku usaha
yaitu merencanakan strategi promosi dengan cukup matang. Bila strategi
yang Anda gunakan tidak jauh berbeda dengan strategi promosi
lainnya yang digunakan para pesaing Anda, maka tidak menutup
kemungkinan bila kegiatan promosi tersebut tidak memberikan dampak
penjualan yang cukup signifikan, namun hanya menimbulkan biaya tambahan
untuk keperluan promosi sehingga resiko kerugian tidak bisa terhindarkan
dari bisnis yang Anda jalankan.
Untuk menghindari kondisi yang kurang menyenangkan tersebut, berikut
ini kami informasikan beberapa strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda
jalankan untuk memancing rasa penasaran para pelanggan.
Pertama, berikan keuntungan bagi para pelanggan Anda. Pada
prinsipnya setiap konsumen akan merasa senang bisa mereka mendapatkan
banyak keuntungan dari transaksi pembelian yang mereka lakukan. Oleh
karena itu, sebisa mungkin berikan keuntungan lebih pada para pelanggan
Anda agar mereka semakin loyal dengan bisnis yang Anda jalankan.
Misalnya saja dengan memberikan penawaran khusus pada konsumen “beli dua
dapat tiga” atau memberikan voucer belanja senilai Rp 50.000,00 yang
bisa digunakan untuk pembelanjaan selanjutnya bagi para pelanggan yang
telah melakukan transaksi pembelian lebih dari Rp 100.000,00 di
perusahaan Anda.
Kedua, berikan bonus gratisan untuk menarik minat
pelanggan. Selain memberikan tambahan keuntungan, Anda juga bisa
memberikan bonus gratisan bagi para pelanggan yang melakukan transaksi
pembelian dengan nominal tertentu. Contohnya saja seperti strategi
promosi yang dilakukan para pelaku bisnis bengkel motor yang dengan
sengaja memberikan layanan cuci motor gratis bagi para pelanggannya yang
melakukan servis rutin dan ganti oli di bengkel tersebut.
Ketiga, tawarkan hadiah menarik untuk menjaring
banyak pelanggan. Tak bisa dipungkiri lagi bila pemberian iming-iming
hadiah memang menjadi salah satu strategi pemasaran
yang diminati banyak pelanggan. Bahkan sekarang ini para konsumen tidak
segan-segan untuk memborong sebuah produk, karena mereka tertarik
dengan hadiah yang ditawarkan para produsen. Sebagai contoh sederhana,
Anda bisa menawarkan hadiah payung atau jam dinding cantik bagi para
konsumen yang membeli produk-produk tertentu.
Keempat, manfaatkan infonet sebagai media pemasaran.
Memasuki era serba digital seperti sekarang ini, para pelaku usaha pun
dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi
pemasaran. Jika dulunya para pelaku usaha sangat mengandalkan metode
pemasaran offline dalam melakukan transaksi jual beli, kini seiring
dengan menjamurnya media informasi dan internet maka jarak dan waktu
dapat ditembus dengan mudah. Misalnya saja dengan membuka toko online,
memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mempromosikan bisnis Anda,
serta masih banyak lagi strategi pemasaran online lainnya yang bisa Anda
manfaatkan dengan mudah dan murah.
Kelima, sebarkan informasi melalui pemasaran word of mouth.
Memanfaatkan bantuan konsumen dalam memasarkan sebuah produk memang
menjadi pilihan tepat dalam hal pemasaran. Untuk itu, sebisa mungkin
ciptakan produk yang unik dan strategi pemasaran yang menarik untuk
memancing rasa penasaran para konsumen. Strategi inilah yang
mengantarkan kesuksesan kripik setan Maichi, es krim Magnum, dan lain
sebagainya.
Semoga informasi strategi pemasaran kreatif buat pelanggan penasaran
ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan memberikan inspirasi
baru bagi para pelaku pasar untuk meningkatkan penjualan produknya. Maju
terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber gambar :
1. http://salesmomsnetwork.com/wp-content/uploads/2011/04/freshideas.jpg
2. http://www.g2cpartners.com/wp-content/uploads/2011/10/Fresh-Ideas-Marketing-Creative-Services.jpg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar