Minggu, 01 September 2013

Rahasia dalam Membuat Logo Perusahaan

batman-logo-bigThe logo is your calling card, identity, manifestation,” ucap Kathy Savitt, Chief Marketing Officer Yahoo!, Inc. kepada USA Today. Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa, logo adalah identitas brand. Tak hanya itu, membuat logo perusahaan juga merupakan salah satu perwujudan dari produk-produk di brand tersebut.
Ini sangat penting, karena logo menjadi salah satu faktor yang menentukan dikenali atau tidaknya sebuah brand. Jadi jangan setengah-setengah dalam membuat logo perusahaan.
Coba Anda lihat beberapa merek terkenal dengan logo yang sangat kuat, seperti Coca – Cola dengan huruf sambungnya, logo ‘M’ berwarna emas milik McDonald’s, atau lambang buah apel dengan bekas gigitan yang dipunyai Apple. Logo tersebut sudah menempel erat di brand mereka, bukan?
Namun bukan berarti logo yang sudah sangat kuat tidak bisa diubah ataupun diganti. Yahoo!, Inc. adalah salah satu perusahaan yang berinisiatif untuk membuat logo perusahaan mereka tampak baru. Logo bertuliskan “Yahoo!” dengan huruf asimetris itu kabarnya tak akan digunakan lagi, terhitung mulai tanggal 5 September mendatang.
“Logo Yahoo ikonik, beberapa orang menyukainya, beberapa orang juga membencinya. (Jadi) Kami memutuskan untuk mengubahnya, untuk mencerminkan produk baru dan menggambarkan bab berikutnya,” tegas Kathy.
Tapi tampaknya Yahoo perlu beberapa pertimbangan untuk memperbaharui logonya. Bukan hanya Yahoo, survei yang disajikan dalam bentuk infographic oleh 123Print ini juga akan membantu Anda dalam membuat logo perusahaan.
what-does-your-logo-say-about-your-business
Dilihat secara umum, sebagian besar perusahaan hanya menggunakan maksimal dua warna pada logonya. Mungkin alasannya adalah kesan simpel yang ditimbulkan, sehingga akan sangat mudah untuk diingat.
Sementara itu, pemilihan warna juga menjadi faktor yang sangat penting dalam membuat logo perusahaan, karena setiap warna memiliki arti dan makna tersendiri.
-          Biru: Melambangkan kepercayaan, keteguhan, serta kekuatan. Warna biru juga sangat populer untuk merek – merek yang bersifat universal.
-          Ungu: Kesan kreatif, misterius, dan mutakhir dapat terpancar dari warna ini. Ungu sering digunakan oleh merek yang memberikan royalty.
-          Hijau: Warna ini memberikan kesan alam dan ketenangan. Sementara itu, hijau tua dinilai mewakili kekayaan serta pamor, dan hijau muda dianggap dapat memberikan kesan damai.
-          Merah: Dengan warna yang membara, merah dapat memberikan kesan enerjik dan aksi yang kuat. Merah juga merupakan warna yang mudah ditangkap oleh mata, dan dianggap memberikan kesan agresif.
Jadi jangan menganggap remeh sebuah logo, pertimbangkan beberapa hal dalam membuat logo perusahaan.

Sumber: PRDaily.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar