“The logo is your calling card, identity, manifestation,”
ucap Kathy Savitt, Chief Marketing Officer Yahoo!, Inc. kepada USA
Today. Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa, logo adalah identitas brand. Tak hanya itu, membuat logo perusahaan juga merupakan salah satu perwujudan dari produk-produk di brand tersebut.
Ini sangat penting, karena logo menjadi salah satu faktor yang menentukan dikenali atau tidaknya sebuah brand. Jadi jangan setengah-setengah dalam membuat logo perusahaan.
Coba Anda lihat beberapa merek terkenal dengan logo yang sangat kuat,
seperti Coca – Cola dengan huruf sambungnya, logo ‘M’ berwarna emas
milik McDonald’s, atau lambang buah apel dengan bekas gigitan yang
dipunyai Apple. Logo tersebut sudah menempel erat di brand mereka, bukan?
Namun bukan berarti logo yang sudah sangat kuat tidak bisa diubah
ataupun diganti. Yahoo!, Inc. adalah salah satu perusahaan yang
berinisiatif untuk membuat logo perusahaan mereka tampak baru. Logo
bertuliskan “Yahoo!” dengan huruf asimetris itu kabarnya tak akan
digunakan lagi, terhitung mulai tanggal 5 September mendatang.
“Logo Yahoo ikonik, beberapa orang menyukainya, beberapa orang juga
membencinya. (Jadi) Kami memutuskan untuk mengubahnya, untuk
mencerminkan produk baru dan menggambarkan bab berikutnya,” tegas Kathy.
Tapi tampaknya Yahoo perlu beberapa pertimbangan untuk memperbaharui
logonya. Bukan hanya Yahoo, survei yang disajikan dalam bentuk infographic oleh 123Print ini juga akan membantu Anda dalam membuat logo perusahaan.
Dilihat secara umum, sebagian besar perusahaan hanya menggunakan
maksimal dua warna pada logonya. Mungkin alasannya adalah kesan simpel
yang ditimbulkan, sehingga akan sangat mudah untuk diingat.
Sementara itu, pemilihan warna juga menjadi faktor yang sangat
penting dalam membuat logo perusahaan, karena setiap warna memiliki arti
dan makna tersendiri.
- Biru: Melambangkan kepercayaan, keteguhan, serta
kekuatan. Warna biru juga sangat populer untuk merek – merek yang
bersifat universal.
- Ungu: Kesan kreatif, misterius, dan mutakhir dapat terpancar dari warna ini. Ungu sering digunakan oleh merek yang memberikan royalty.
- Hijau: Warna ini memberikan kesan alam dan
ketenangan. Sementara itu, hijau tua dinilai mewakili kekayaan serta
pamor, dan hijau muda dianggap dapat memberikan kesan damai.
- Merah: Dengan warna yang membara, merah dapat
memberikan kesan enerjik dan aksi yang kuat. Merah juga merupakan warna
yang mudah ditangkap oleh mata, dan dianggap memberikan kesan agresif.
Jadi jangan menganggap remeh sebuah logo, pertimbangkan beberapa hal dalam membuat logo perusahaan.
Sumber: PRDaily.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar