Rabu, 11 September 2013

Jangan Takut Berkompetisi Dengan Brand Besar

Tak sedikit pengusaha kecil memiliki persepsi bahwa mereka tak mampu bersaing dengan brand besar. Padahal di zaman pemasaran modern seperti sekarang ada banyak peluang bagi para pengusaha kecil untuk meraih pangsa pasar dan bahkan bersaing dengan merek global.
Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam berkompetisi dengan merek global.

Mengobservasi persaingan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu peluang apa yang ditinggalkan oleh kompetitor – baik  besar maupun kecil. Di zaman sekarang, orang-orang menjadikan internet sebagai tumpuan dalam mencari informasi. Jadi, pastikan bahwa bisnis Anda terlihat oleh para pencari informasi.

Anda dapat melakukan ini melalui iklan berbayar atau menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Anda juga perlu mengobservasi perbandingan kisaran harga agar dapat memiliki peluang menggapai segmen konsumen yang sesuai.

Terlihat Menarik
Satu cara yang mudah untuk membangun kepercayaan adalah dengan terlihat menarik. Anda harus terlihat sebagus atau bahkan lebih bagus dari kompetitor. Misalnya dengan cara membuat website dan materi marketing yang terlihat profesional dan mudah dimengerti. Intinya, Anda harus dapat mengeliminasi keraguan para calon pelanggan untuk membeli atau menggunakan jasa Anda.

Menjaga Hubungan Baik
Salah satu faktor kesuksesan merek global dalam menjajakan produk dan jasanya adalah menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya. Mereka bahkan menyiapkan anggaran yang besar untuk customer relationship management. Anda juga dapat melakukan ini dalam skala kecil. Yang menarik, salah satu alasan pelanggan pelanggan enggan kembali adalah karena kurangnya komunikasi/kontak.

Anda mungkin perlu mengembangkannya tips di atas agar lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Meskipun modal Anda tidak sebesar modal para merek besar, namun tidak menutup kemungkinan Anda dapat bersaing dengan mereka apalagi dengan adanya internet.
(Sumber: www.newzap.co.uk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar