Tak sedikit pengusaha kecil memiliki persepsi bahwa mereka tak mampu bersaing dengan brand besar.
Padahal di zaman pemasaran modern seperti sekarang ada banyak peluang
bagi para pengusaha kecil untuk meraih pangsa pasar dan bahkan bersaing
dengan merek global.
Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam berkompetisi dengan merek global.
Mengobservasi persaingan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu peluang apa
yang ditinggalkan oleh kompetitor – baik besar maupun kecil. Di zaman
sekarang, orang-orang menjadikan internet sebagai tumpuan dalam mencari
informasi. Jadi, pastikan bahwa bisnis Anda terlihat oleh para pencari
informasi.
Anda dapat melakukan ini melalui iklan berbayar atau menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Anda juga perlu mengobservasi perbandingan kisaran harga agar dapat memiliki peluang menggapai segmen konsumen yang sesuai.
Terlihat Menarik
Satu cara yang mudah untuk membangun kepercayaan adalah dengan
terlihat menarik. Anda harus terlihat sebagus atau bahkan lebih bagus
dari kompetitor. Misalnya dengan cara membuat website dan
materi marketing yang terlihat profesional dan mudah dimengerti.
Intinya, Anda harus dapat mengeliminasi keraguan para calon pelanggan
untuk membeli atau menggunakan jasa Anda.
Menjaga Hubungan Baik
Salah satu faktor kesuksesan merek global dalam menjajakan produk dan
jasanya adalah menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya. Mereka
bahkan menyiapkan anggaran yang besar untuk customer relationship management.
Anda juga dapat melakukan ini dalam skala kecil. Yang menarik, salah
satu alasan pelanggan pelanggan enggan kembali adalah karena kurangnya
komunikasi/kontak.
Anda mungkin perlu mengembangkannya tips di atas agar lebih sesuai
dengan kebutuhan bisnis Anda. Meskipun modal Anda tidak sebesar modal
para merek besar, namun tidak menutup kemungkinan Anda dapat bersaing
dengan mereka apalagi dengan adanya internet.
(Sumber: www.newzap.co.uk)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar