Kamis, 05 September 2013

Begini Cara Orang-orang sukses Mengatasi Keraguan Hidup

mengatasi keraguan hidup
Ketika kita merencanakan untuk memulai sebuah bisnis, rasa ragu sering kali menghampiri. Nah, tips ini akan membantu menaklukan setiap keraguan dan menjadikan Anda pemimpin yang percaya diri.
Terkadang kita bergulat dengan keraguan, bahkan pemilik bisnis sukses sekalipun mengalaminya. Tetapi, orang-orang sukses tidak membiarkan keraguan menggagalkan semua rencana mereka. Bagaimana Anda bisa berurusan dengan keraguan dengan cara yang konstruktif?
Berhenti membuat alasan
Keraguan sering membuat kita merasionalisasi situasi agar sesuai dengan keadaan emosional kita. Kita mungkin takut gagal, takut terlihat buruk, dan sebagainya. Dengan alasan itu semua, kita menjadi pandai membuat banyak alasan.
Seperti yang dikatakan Steven Pressfield dalam bukunya, DO The Work! Overcome Resistance and Get Out Of Your Own Way, “Jika kita memberikan begitu banyak nanosecond, otak akan mulai memproduksi alasan, mencari alibi, mencari pembenaran, dan sejuta alasan lainnya tentang mengapa kita tidak bisa/tidak boleh/tidak akan melakukan apa yang kita tahu bisa kita lakukan.”
Pikirkan kembali peluang yang Anda tolak. Alasan adalah hambatan mental yang menahan kita kembali.
Waspadalah dengan lingkungan Anda
Ada pepatah populer bahwa kita adalah rata-rata satu dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama. Meski gagasan ini tidak ada dukungan ilmiah, kenyataannya kita menghabiskan waktu bersama, sadar atau tidak mereka memiliki pengaruh mendalam pada kita.
Menurut DR John Kounios, professor psikologi dan ilmu otak di Rexel University, hubungan saraf kita berubah setelah terjadi percakapan lebih dari 20 menit. Dengan siapa Anda menghabiskan sebagian waktu? Apa pengaruh yang mereka berikan? Ketika Anda bersama mereka, apakah Anda merasa lebih baik atau sebaliknya?
Angkat kesadaran diri Anda
Kesadaran diri adalah salah satu alat pengembangan diri yang paling kuat bagi Anda. Dengan memanfaatkannya Anda akan memahami akar penyebab keraguan. Apa situasi yang membuat Anda ragu? Jika itu akibat dari kurangnya keterampilan di suatu daerah, lakukan sesuatu untuk hal itu. Misalnya, mungkin Anda takut menyampaikan presentasi, apa yang bisa Anda pelajari?
Mengasihi diri sendiri
Bagi banyak orang lebih mudah mengasihi orang lain ketimbang dirinya sendiri. Hanya sedikit orang yang mampu meredam kritik dengan mengasihi diri sendiri (self-compassion)
Studi menunjukkan bahwa ada kolerasi kuat antara self-compassion dan kesehatan mental yang positif, seperti mengurangi kecemasan dan kepuasan hidup yang lebih besar, serta harga diri yang lebih tinggi.
Misalnya, ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, apakah Anda mencoba menjaga keseimbangan emosi Anda?
Self-compassion mengembangkan ketahanan emosional. Agar tetap terjaga dengan baik, Anda bisa menggunakan tiga langkah berikut: Perhatikan penderitaan Anda sendiri terutama ketika itu disebabkan oleh penilaian Anda atau self-criticism; jangan berhati dingin terhadap diri Anda, dan ingat ketidaksempurnaan merupakan bagian dari setiap manusia.
Berhenti meminta validasi
Mencari saran dan masukan orang lain sangat membantu. Namun, jika itu menjadi kebiasaan Anda, itu mungkin akan melemahkan keyakinan Anda sendiri. Misalnya, membuat sebuah website atau melakukan proyek baru, dan Anda terus mengubah apa yang telah Anda buat berdasarkan feedback, pada akhirnya Anda mungkin kehilangan suara Anda.
Jangan bicara tentang rencana Anda
 “Saya tidak pernah berbicara tentang proyek yang saya kerjakan. Itu adalah hal yang buruk,” kata Pressfield. Dia bukanlah orang pertama yang menyarankan kita untuk tutup mulut tentang rencana yang akan datang.
Derek Sivers, musisi profesional dan pengusaha juga mempopulerkan gagasan ini. Sivers menunjukkan sebuah studi psikologi telah membuktikan bahwa ketika kita mengatakan tujuan kita pada seseorang, mereka akan mengakui hal itu, kita cenderung melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Hal ini karena kesalahan otak kita yang berbicara untuk melakukannya. Dengan kata lain, kepuasan yang otak kita terima dari trik pengakuan sosial ke dalam perasaan bahwa tujuan telah tercapai. Kepuasan yang kita alami menghilangkan motivasi untuk melakukan apapun untuk benar-benar mewujudkannya.
Percayalah nilai Anda
Ketika Anda tahu apa yang diperjuangkan dan apa yang penting bagi Anda, hal itu akan membuat Anda lebih mudah membuat keputusan yang sejalan dengan nilai-nilai Anda, dengan apa yang penting bagi Anda.
Keraguan melumpuhkan kemampuan kita untuk membuat keputusan penting dan nilai-nilai Anda adalah salah satu penangkal terbaik terhadap keraguan Anda.
Salah satu tips terbaik dari Jensen adalah Anda harus menemukan dua mentor: satu orang yang berusia dua kali lebih tua dari Anda dan satu setengah dari usia Anda. Mentor pertama akan membagikan kebijaksanaan, pengalaman, dan yang satunya akan membawa Anda pada jalur yang belum diketahui. Hal ini akan memperkuat kepercayaan diri pada kemampuan sendiri untuk mencapai tujuan Anda.
Mulai pengiriman
Ada satu suara yang tanpa lelah mendorong setiap pengusaha pemula untuk berhenti menunda-nunda, suara itu adalah Seth Godin – pengusaha dan penulis asal Amerika. Siapapun yang mengikuti Seth tahu, salah satu pesan paling mendesak adalah “start shipping!”
Jika Anda seorang seniman yang menahan diri untuk memperlihatkan pekerjaan Anda karena merasa karya belum sempurna, jika Anda telah mengembangkan sebuah aplikasi tetapi takut membawanya  menuju langkah berikutnya: pesan ini adalah untuk Anda.
Keraguan diri adalah kelumpuhan mental. Satu-satunya obat untuk itu adalah memiliki keberanian untuk memulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar