Saat ini, semakin banyak orang yang berpaling ke internet untuk memulai bisnis baru mereka. Bisnis online
menjadi lebih menarik bagi banyak orang karena berbagai manfaat yang
disediakan. Misalnya besar investasi yang relatif terjangkau serta
kenyamanan dan efisiensi dalam menjalankan bisnis.
Namun, ketika memilih bisnis online, kita harus pandai melihat peluang yang tersedia. Apa saja sih peluang yang terbuka di sana? Berikut empat peluang paling umum yang tersedia:
Menjual layanan
Salah satu peluang online
paling populer yang muncul adalah menjual jasa. Beberapa layanan yang
umumnya menjual ialah jasa konsultasi, menulis lepas, dan desain grafis.
Banyak freelancer dan profesional yang beralih ke internet dengan alasan biaya yang lebih rendah dan kemudahan dalam menemukan pelanggan online.
Salah satu tantangan menjual jasa secara online
adalah sulitnya meyakinkan pelanggan tentang kualitas layanan tersebut.
Namun, melalui dedikasi yang baik, memungkinkan bisnis Anda tumbuh dan
menghasilkan keuntungan yang baik.
Menjual produk
Banyak vendor yang membuat website sebagai front digital bisnis mereka. Dengan membuat website, memungkinkan pelanggan dengan mudah menavigasi laman produk melalui situs dan pembelian barang.
Selain itu, orang dapat mengambil keuntungan dari situs besar seperti eBay dan Amazon, yang memungkinkan pengguna membuat “toko” virtual bagi para pemilik bisnis untuk menjual produk mereka.
Ada banyak
alasan mengapa bisnis menggunakan internet menjadi peluang yang
menguntungkan. Salah satunya karena situs web relatif lebih hemat biaya.
Selain itu, internet memungkinkan Anda menargetkan audiens berbeda
untuk produk Anda, sebagai lawan dari toko tradisional.
Affiliate marketing
Affiliate marketing
merupakan taktik internet marketing, di mana bisnis membayar afiliasi
berdasarkan jumlah pendapatan afiliasi. Individu dapat menciptakan
bisnis dari affiliate marketing dengan cara menciptakan situs web dan menjadi afiliasi.
Namun, guna mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari affiliate marketing ini, Anda harus memiliki situs yang relatif populer dengan lalu lintas (traffic) tinggi. Jika tidak, pendapatan yang diperoleh dari sini tak akan seberapa.
Periklanan
Jika Anda
sudah memiliki sebuah website atau blog dan mencari cara untuk
memonetisasi situs tersebut, iklan adalah pilihan yang patut dicoba.
Untuk menyiapkan iklan di situs web Anda perlu melibatkan perjanjian
dengan vendor, dan menciptakan metode pembayaran komisi.
Iklan ini mirip dengan affiliate marketing. Webmaster akan menempatkan iklan di situs web mereka. Bedanya, affiliate marketing sering kali menggunakan jaringan yang handal dengan pilihan komisi yang lebih fleksibel, seperti pay-per-click dan pay-per-lead. Sementara di iklan lebih terbatas. Meski begitu peluang ini masih layak dijajal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar