Dari
beberapa observasi serta analisa strategi yang saya berikan ke
teman-teman UKM, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik
bisnis/pelaku UKM untuk meningkatkan omzet bisnis:
1. Target market potensial
Untuk meningkatkan omzet bisnis, salah satu cara penting yang perlu dilakukan adalah menentukan target market
atau target konsumen yang paling berpotensi untuk meningkatkan omzet.
Misalnya kalangan menengah ke atas (karena produk kita premium) atau
kalangan anak-anak sekolah/mahasiswa karena produk kita memang fokus
untuk melayani kebutuhan siswa/mahasiswa.
2. Rencanakan promosi
Cara selanjutnya untuk meningkatkan omzet bisnis adalah melakukan
perencanaan promosi. Banyak UKM tidak melakukan perencanaan terlebih
dulu ketika akan melakukan promosi bisnisnya. Merencanakan bisnis bisa
dilakukan secara sederhana, misalnya tetapkan periode waktu promosi,
tetapkan list strategi promosi, serta target yang ingin dicapai.
3. Membuat paket produk
Ada cara untuk membuat konsumen melakukan pembelian produk kita dalam
jumlah besar. Langkah sederhana ini adalah dengan membuat paket-paket
produk. Paket produk ini bertujuan agar konsumen membeli produk kita
lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa, dan sebagainya).
4. Insentif untuk konsumen
Langkah lainnya yang cukup ampuh untuk meningkatkan omzet adalah
dengan memberikan insentif ke konsumen jika konsumen tersebut melakukan
pembelian berulang atau pembelian dalam jumlah tertentu. Pada dasarnya
konsumen senang jika diberi insentif sehingga akan memotivasi untuk
melakukan pembelian lebih. Insentif bisa berupa potongan harga, gimmick hadiah, tambahan bonus, dan lain-lain.
5. Varian produk
Strategi selanjutnya adalah dengan melakukan pengembangan produk (product development).
Pengembangan produk ini bisa kita lakukan dengan cara membuat varian
produk/jasa yang lebih variatif. Hal yang penting dari strategi ini
adalah kita peka terhadap kebutuhan konsumen. Varian produk ini bisa
dalam hal ukuran yang berbeda, fitur yang berbeda, jenis produk, tipe,
serta variasi lainnya.
Hermas Puspito
Praktisi Pemasaran untuk UKM
Head of @ELCconsulting
@hermaspuspito
Tidak ada komentar:
Posting Komentar