Selasa, 17 September 2013

5 Aturan Sukses Crowdfunding

crowdfundingCrowdfunding atau metode penggalangan dana usaha dengan patungan memang masih cukup baru di Indonesia. Tapi, tak sedikit lho para pengusaha UKM dan para pekerja seni yang mulai menjajal metode pendanaan usaha dengan patungan ini untuk proyek mereka. Mau sukses crowdfunding? Berikut limaaturan yang perlu kita ikuti:

Cari best practice. Sebelum memulai kampanye crowdfunding coba cari para pemilik proyek lainnya yang sudah pernah sukses menggunakan metode penggalangan dana ini. Pelajari cara mereka berkampanye dan bagaimana membuat proyeknya tampil menarik.

Bersiap untuk kerja gesit. Tak peduli seberapa banyak pengalaman yang kita miliki di situs crowdfunding, metode ini membutuhkan pendekatan strategis supaya berhasil. Kembangkan rencana pemasaran secara menyeluruh dan kontak para pendukung usaha kita untuk memastikan dukungan dari mereka.

Beradaptasi dengan cepat untuk bertahan. Amati kampanye, jika dalam waktu dua minggu tidak memberikan hasil, akuilah bahwa ada kesalahan dalam berkampanye. Cari tahu apa yang kurang dan perbaiki segera untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Situs crowdfunding biasanya tak memberikan kesempatan kedua. Selagi ada kesempatan manfaatkan secara maksimal.

Buat aturan sendiri. Memang penting untuk mencari best practice, tapi juga penting untuk membuat aturan sendiri karena crowdfunding relatif masih baru dan masih banyak metode yang perlu didefinisikan dan dipelajari.

Taktis dan praktis. Mulai kampanye kita pada hari-hari kerja yaitu Senin hingga Jumat. Meluncurkan kampanye pada hari-hari kerja membuka peluang kampanye terekspos lebih banyak daripada hari libur. Cantumkan pula tujuan kita selain jumlah uang yang ingin dicapai. Jangan lupa juga berdoa.

Apa aturan lainnya menurut Anda? Kami tunggu masukan dari Anda di kolom komentar.
Sumber: Fastcompany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar