Rabu, 18 September 2013

Ingin Sukses Bangun Startup? Hindari 5 Kesalahan Ini

5kesalahanstartup2
Membangun startup sukses
Kurangnya pengalaman sebagai pengusaha adalah sebuah keuntungan juga sebuah tantangan. Di satu sisi, kurangnya pengalaman mendorong pengusaha mencoba berbagai metode untuk menjalankan startup-nya dan belajar banyak hal dari itu, tapi di sisi lain berpeluang membawa kegagalan.
Dengan mengetahu apa saja kesalahan yang umumnya dilakukan oleh startup, kita bisa meminimalisir peluang kegagalan.
Berikut lima kesalahan yang umumnya dilakukan startup:

Memutuskan mitra atau cofounder terlalu dini. Sebelum berkomitmen untuk bekerja sama, kenali dulu mitra kita. Startup layaknya sebuah pernikahan. Berpisah dengan cofounder bisa berdampak tak baik jika terjadi di kala pekerjaan rumah masih menumpuk.

Beberapa pertanyaan yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan bermitra:
  • Apakah cofounder Anda memiliki keterampilan dan sudut pandang yang melengkapi tim?
  • Bisakah Anda meluangkan waktu 14 jam bersama calon mitra untuk dua tahun mendatang? Maukah Anda duduk di sampingnya saat penerbangan ke luar negeri? Apakah hubungan kalian sepenuhnya profesional atau bisakah Anda menjadi teman dan hang out bersamanya di luar kantor?
  • Apakah kalian memiliki jumlah saham sama besar?
Tidak memecat cukup cepat. Seorang karyawan bermasalah bisa memancarkan energi negatif ke seluruh perusahaan dan melukai produktivitas serta moral karyawan terbaik. Waktu yang terbuang untuk mengelola karyawan berkinerja buruk bisa digunakan untuk mendorong keuntungan lebih besar bagi perusahaan. Atasi masalah secepatnya dan buat timeline untuk mendapatkan solusi. Jangan ragu untuk memecat jika memang harus.

Mempercayai para ahli ketimbang keberanian diri. Tak ada orang yang memilki passion tentang misi perusahaannya sebesar si pengusaha itu sendiri. Karena kewirausahaan layaknya menyelam ke dalam samudera dengan mata tertutup, wajar saja jika seorang pengusaha, terutama pengusaha pemula, cenderung percaya kepada mereka yang pernah melaluinya.

Sayangnya, setiap perusahaan berbeda, tentu saja tantangan yang dihadapi juga berbeda. Sebagai seorang pengusaha, kita mengetahui semua detail perusahaan, oleh karena itu temukan sendiri takdir kita. Dengarkan apa kata para ahli, tapi dengarkan juga kata hati dan implementasikan visi kita.

Tidak mengejar kesempurnaan. Menjalankan startup adalah karir yang menguras tenaga. Banyak pengusaha yang cenderung memilih jalan termudah dengan merasa puas jika proyek mereka sudah ‘cukup bagus’. Kesempurnaan bukanlah tujuan. Jika keberanian kita mengatakan sesuatu bisa menjadi lebih baik, maka tekan sampai batas yang kita sebut ‘sempurna’.

Peduli tentang sensasi, bukan pemasukan. Tujuan utama membangun startup adalah revenue atau pemasukan. Jangan sampai fokus kita terhadap tujuan utama terpecah karena hal-hal yang kita sebut seperti media, penghargaan, dan pageviews.  Memang hal-hal itu bisa meningkatkan semangat dan pemasukan, tapi hanya sampai situ. Pada akhirnya mereka hanyalah alat untuk mencapai pemasukan. Oleh karena itu, tetaplah fokus.

Apa saja kesalahan yang pernah Anda buat selagi membangun startup dan pelajaran apa di balik itu? Bagi pengalaman Anda di kolom komentar.
Sumber: Fastcompany|Gambar:Speedcubing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar