Selasa, 17 September 2013

Ini Lho Rahasia Sukses Jualan!

sellingUmumnya, pengusaha yang baru memulai berbisnis belum memiliki tim penjualan yang bisa diandalkan. Hasilnya, penjualan menjadi  tidak maksimal. Tapi hal ini tidak harus terjadi pada usaha kita.

Salah satu esensi penjualan yang harus kita pahami adalah bahwa menjual bukan soal mengenalkan produk pada konsumen tapi lebih pada mengatasi masalah. Intinya, proses penjualan adalah soal menolong calon konsumen. Kita berusaha memperbaiki kondisi konsumen menjadi lebih baik.

Lebih jauh, berikut empat hal penting yang perlu diterapkan oleh para pengusaha pemula dalam penjualan:

Ubah proses berpikir. Cari tahu dulu apa masalah calon pelanggan, kemudian cari dalam daftar fitur produk atau layanan yang cocok untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika kita tak bisa menemukan masalah yang bisa dipecahkan oleh produk kita, itu artinya kita menyasar asar yang salah atau produk kita memang kurang bagus.

Selalu cari nilai tambah. Jangan pernah berpikir ketika seorang pelanggan membeli produk, maka proses penjualan selesai. Sering kali, penjual akan mengontak pelanggan hingga mereka memutuskan untuk membeli. Setelah terjadi pembelian penjual menyerahkan pelanggan kepada tim layanan pelanggan. Hal ini menghilangkan peluang.

Tetap berkomunikasi dengan pelanggan dan dukung mereka dengan mendengarkan kebutuhan mereka yang terus berkembang. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan sebelum masalah muncul. Apabila untuk alasan tertentu solusi dari kita tak memenuhi harapan mereka, maka dengarkan saran dari mereka dan perbaiki situasi sebelum terlambat.

Berempati pada calon pelanggan. Pada akhirnya kita tentu ingin produk kita dibeli oleh pelanggan. Tapi, seperti yang sudah dijelaskan bahwa tujuan penjualan adalah mengatasi masalah pelanggan. Berempatilah pada calon pelanggan, dengarkan masalah mereka, dan bangun hubungan jual beli yang baik.

Sampaikan solusi yang sesuai. Calon pelanggan tahu kapan seseorang hanya ingin menjual sesuatu dan yang benar-benar ingin membantu. Oleh karena itu, pastikan kita sebagai penjual bisa menyampaikan solusi yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pelanggan.
Selamat mencoba!
Sumber: Entrepreneur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar