Kesuksesan
para pengusaha membuat sebagian besar dari kita termotivasi untuk
memulai usaha sendiri. Namun, begitu memulainya, tak sedikit yang merasa
kesulitan karena terbatasnya modal dan persaingan sengit.
Di era digital seperti sekarang, modal kecil dan persaingan adalah
alasan klasik. Kemudahan yang diberikan oleh internet membuka peluang
bagi siapa saja – remaja, ibu rumah tangga, bahkan pensiunan – untuk
sukses membuka usaha sendiri dengan modal kecil.
Pengusaha besar dapat melakukan ide besar untuk menaklukkan pasar
dengan dana besar yang ia punya. Pengusaha pemula bisa mengadopsi ide si
pengusaha besar dan melakukan hal-hal luar biasa meskipun dengan modal
pas-pasan atau hanya bermodalkan website. Simak ide berikut ini:
Langkah awal: Website
Buatlah website dan pastikan formatnya mudah diakses melalui komputer desktop, tablet, dan smartphone. Mintalah pendapat dari pelanggan atau kawan mengenali website Anda, apakah mudah diakses atau tidak. Buatlah akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya sebagai cara untuk mempromosikan website.
Kontes
Salah satu cara untuk mempromosikan isi website adalah
dengan membuat kontes berhadiah. Ide ini dipakai oleh pengusaha besar
untuk menarik minat konsumen. Hadiah tak perlu selalu berupa uang cash jutaan rupiah seperti halnya pengusaha besar lakukan. Barang dagangan pun bisa dijadikan hadiah.
Tak sedikit pengusaha kecil seperti pemilik The Unrefined Kitchen,
yang berhasil menggaet konsumen dengan cara seperti ini. Sebarkan
berita kontes melalui jejaring sosial agar calon pelanggan
mengetahuinya.
Video
Beberapa dari kita mungkin menganggap video adalah suatu bentuk
keisengan belaka. Jangan salah, pengusaha pemilik merek besar
menggunakan video sebagai alat pemasaran.
Gunakan YouTube AdWords Keyword Tool sebagai
inspirasi tampilan dan konten video. Jangan membuat video persis seperti
video yang sudah ada. Jika kira-kira sudah menemukan video mana yang
bisa dijadikan referensi, coba tanyakan pada diri sendiri (tempatkan
diri sebagi pelanggan, bukan pengusaha) apakah cocok atau tidak
dijadikan inspirasi video untuk segmen bisnis Anda.
Konten
Salah satu cara merek besar menggaet pelanggan adalah dengan melibatkan mereka dalam kegiatan website dan jejaring sosial. Misalnya, seperti yang dilakukan Frishkies, merek makanan kucing yang terkenal. Melalui jejaring sosial, Frishkies mengadakan sesi foto bersama kucing terkenal bernama Tardar Sauce atau yang lebih dikenal dalam dunia maya dengan sebutan The Grumpy Cat. Bayangkan, pasti ada banyak pemilik kucing yang ingin mengikuti sesi tersebut.
Nah, bagi pengusaha pemula, seperti YogiPets, juga
dapat melakukan hal yang serupa melalui jejaring media sosial seperti
Instagram. Setiap bulan, foto yang terpilih secara acak dimuat di
website dan pemilik kucing akan mendapatkan rewards. Dengan begitu, akan semakin banyak pula konten (foto) yang bisa membuat website lebih menarik.
(sumber: www.distilled.net)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar