Jumat, 12 Juli 2013

Tips Menumbuhkan Koneksi Profesional Secara Efektif

Tips Menumbuhkan Koneksi Profesional Secara EfektifSeperti halnya tanaman di kebun yang membutuhkan perawatan, koneksi yang kita buat juga membutuhkan perawatan. Semakin luas koneksi yang kita miliki, semakin sedikit waktu yang bisa kita luangkan untuk itu. Oleh karena itu, kita harus bisa menentukan berapa jumlah optimum koneksi yang kita bisa pegang.
Hasil penelitian University College, London, mengatakan bahwa kapasitas kognitif kita hanya dapat menangani tidak lebih dari 150 hingga 250 koneksi. Untuk mengelola koneksi lebih dari itu, kita harus meminta bantuan orang lain bahkan membangun sebuah organisasi yang dikelola oleh orang-orang yang memadai.
Berikut tips menumbuhkan koneksi profesional secara efektif.

Tabur benih dengan strategis. Jangan habiskan waktu kita hanya bersama beberapa teman dekat. Berdasarkan hasil studi yang dicantumkan di dalam Journal of Business Venturing mengatakan bahwa hubungan yang paling baik dalam konteks kewirausahaan yaitu hubungan yang dekat, tapi tak terlalu dekat.

Jembatani koneksi. Koneksi kita sebenarnya berasal dari beberapa komponen, misalnya  koneksi dari tempat kerja, sekolah, tetangga, dan sebagainya. Kita berperan sebagai inti dari beberapa koneksi jika kita berperan sebagai perantara perkenalan orang-orang yang berada dalam jangkauan koneksi kita.
Tips Menumbuhkan Koneksi Profesional Secara EfektifPeran tersebut memiliki kelebihan tentunya. Kemampuan membawa orang-orang masuk ke dalam berbagai jaringan adalah keterampilan yang perlu dimiliki oleh pengusaha. Semakin banyak peran kita dalam menjembatani koneksi, semakin baik peluang kita untuk mendapatkan bantuan ketika diperlukan.

Pertimbangkan variasi, bukan kuantitas. Kita tentu ingin memiliki koneksi dengan mereka yang menawarkan hal-hal unik, misalnya dalam hal pengetahuan, keterampilan, atau hiburan.

Tahap pertama dalam membangun jaringan adalah mengidentifikasi keterampilan unik yang kita miliki dan temukan orang-orang dengan keterampilan berbeda namun melengkapi.

Tentu kita ingin mendapatkan informasi dan sumber yang berbeda, tapi kita juga tak ingin berhubungan dengan orang-orang tidak memiliki kesamaan sama sekali dengan kita karena itu akan membuat hubungan menjadi sulit.

Hal yang juga perlu diingat adalah dalam memelihara koneksi penting bagi kita untuk memperhatikan kebutuhan orang-orang dan tahu bagaimana cara meninggalkan kesan baik pada mereka.
Sumber: Entrepreneur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar