Sebagai
konsumen kita tidak sekadar terbujuk oleh harga saja. Kita juga
digerakkan oleh benefit produk tersebut dan apa yang bisa dilakukannya
untuk konsumen, dan itu salah satu alasan orang melakukan pembelian.
Nah, bagaimana cara Anda menarik pelanggan B2B (Business to Business)? Setidaknya ada delapan alasan mengapa perusahaan membeli dari perusahaan lain.
Peningkatan pendapatan
Setiap
perusahaan ingin menghasilkan uang untuk mengisi kasnya, melalui
penjualan produk dan layanannya. Menurut sudut pandang penjualan, hal
tersebut dapat dicapai dengan menunjukkan bagaimana produk Anda jadi
lebih mudah dipasarkan oleh pelanggan Anda kepada masing-masing
pelanggannya sendiri.
Pengurangan biaya
Sebuah
perusahaan akan membeli kepada perusahaan Anda jika produk atau layanan
Anda mampu mengurangi biaya pengeluaran-pengeluaran yang seharusnya
mereka tanggung jika membuat produk atau layanan sendiri. Maka Anda
harus dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana produk Anda mereduksi
biaya litbang, pembuatan, pemasaran, pengantaran, dan biaya penjualan.
Pangsa pasar
Beberapa
perusahaan (terutama pemula) sering mengambil pandangan bahwa pangsa
pasar lebih penting, atau sama pentingnya sebagai pendapatan saat ini
atau pengurangan biaya langsung. Tunjukkan bagaimana Anda dapat membantu
pelanggan meningkatkan basis pelanggan mereka.
Investasi
Manakala
perekonomian dalam kondisi tak menentu, banyak perusahaan yang
mengandalkan pada cadangan kas mereka. Nah, cadangan kas ini jika hanya
disimpan saja tidak akan menghasilkan apa-apa, maka mungkin lebih bijak
jika diinvestasikan. Tak ada salahnya membeli perusahaan lain. Tentu
jika hal tersebut menguntungkan.
Peningkatan kualitas
Kualitas
produk yang buruk dan kehilangan layanan pelanggan dapat membuat
pekerjaan menjadi mahal. Kita perlu lembur untuk melakukan berbagai
perbaikan. Produk dan layanan berkualitas tinggi dapat menarik pelanggan
baru. Untuk itu Anda perlu menunjukkan bagaimana perusahaan dapat
membantu mereka mengurangi kesalahan.
Peningkatan pengiriman
Beberapa
perusahaan menghabiskan banyak uang agar produk dan layanan mereka
sampai ke tangan pelanggan mereka. Anda perlu menunjukkan berapa banyak
yang dapat dihemat pelanggan bila menggunakan layanan yang disediakan
perusahaan.
Pengurangan risiko
Sebagian
besar perusahaan takut mengalami krisis PR atau masalah hukum. Untuk itu
Anda perlu menunjukkan bagaimana perusahaan bisa membantu mereka
menghilangkan potensi krisis PR atau menghindari denda, biaya hukum, dan
litigasi.
Peningkatan karir
Akhirnya,
perusahaan kadang-kadang membeli karena pengambil keputusan memosisikan
pekerjaan lain di industri yang menjual kepada mereka. Karenanya, Anda
perlu meyakinkan sang pengambil keputusan bahwa kerja sama yang
ditawarkan bersifat jangka panjang.
Sumber; Inc.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar