MARKETING.co.id-
Pada bulan Januari, banyak perusahaan atau bisnis yang melakukan
peninjauan kembali terhadap rencana bisnis mereka, namun mereka tidak
memperhatikan rencana pemasaran.
Awal atau akhir tahun merupakan waktu
yang tepat untuk meninjau kembali rencana pemasaran selama ini,
sekaligus untuk mengembangkan kalender pemasaran tahun mendatang.
Rencana pemasaran tahunan akan membantu Anda mencari tahu apa yang harus Anda lakukan, bagaimana
melakukannya, dan kapan harus melakukannya. Rencana pemasaran harus
berjalan beriringan dengan pengembangan rencana bisnis Anda.
Rencana pemasaran tahunan ini juga akan
meninjau kembali tujuan pemasaran Anda dan menentukan apa yang ingin
Anda capai di tahun yang akan datang dengan upaya pemasaran Anda.
Seringkali, perusahaan menghindari proses ini karena mereka tidak mengetahui kapan memulai proses tersebut.
Untuk itu, berikut kami akan memandu Anda
melalui langkah-langkah untuk menciptakan rencana pemasaran yang tepat
seperti kami kutip dari marketing.about.com:
- Siapkan pernyataan misi dan visi untuk tahun yang akan datang.
- Temukan dan tentukan ceruk pasar Anda.
- Kenali dan jelaskan layanan Anda.
- Rencanakan dan kembangkan strategi pemasaran Anda.
- Cari dan kenali pesaing Anda.
- Buatlah tujuan pemasaran terukur.
Buatlah kalender pemasaran yang berisikan
jadwal bulan demi bulan dari setiap kegiatan pemasaran dan kegiatan
untuk tahun yang akan datang.
Pelajari cara memantau hasil dari upaya pemasaran Anda.
Dengan memiliki rencana pemasaran, Anda dapat bekerja lebih cerdas dalam mencapai target pemasaran Anda.
Setiap tahun Anda perlu meninjau kembali
dan merevisi rencana pemasaran Anda. Rencana pemasaran Anda seharusnya
mencerminkan perubahan dan tujuan berdasarkan pengalaman pemasaran dari
tahun-tahun sebelumnya. (about.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar