Banyaknya
merek-merek baru yang bermunculan membuat persaingan bisnis di pasar
tinta refill kian sengit. Bagaimana Veneta System menghadapinya, apa
saja strategi Veneta System menjadi merek TOP tanah air?
Didirikan pada tahun 2003, PT Veneta Indonesia memulai bisnis di bidang pusat isi ulang cartridge di Indonesia dengan merek Veneta System. Setahun kemudian, merek ini langsung dikenal sebagai pakar di bidang isi ulang tinta inkjet, toner, dan ribbon.
Persaingan
Namun, semakin banyaknya merek-merek baru yang bermunculan membuat persaingan di pasar tinta refill kian sengit. “Pasar tinta refill persaingannya makin ketat dan merek makin banyak bermunculan,” terang Freddy Thamrin, Assistant General Manager Veneta Media Usaha.
“Namun,
dalam hal ini Veneta System tetap menjadi pilihan terbaik di mata
konsumen karena kami terus menjaga kualitas dan terus-menerus melakukan
inovasi produk,” lanjut Freddy.
Tiga Positioning Veneta System
Sebagai pemimpin pasar regenerasi cartridge di Indonesia, Veneta System memiliki posisi yang jelas, yakni Ekonomis, Ekologi, dan Kualitas.
· Ekonomis. Lebih dari 50% biaya dapat Anda hemat jika menggunakan produk Veneta System.
· Ekologi. Dengan mengisi ulang cartridge, Anda telah mengurangi limbah cartridge yang 90% bahan bakunya plastik.
· Kualitas. Produk Veneta System juga memiliki kualitas “As Good As Original”.
Keunggulan Veneta System
Sampai saat ini, perusahaan dengan 1.500 karyawan ini memiliki 160 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, dan masih akan terus bertambah. Penambahan jumlah outlet yang pesat ini memberikan dampak yang sangat kuat bagi brand image Veneta system, sebagai market leader di bidang isi ulang tinta dan regenerasi cartridge di Indonesia.
Pada pertengahan 2008 lalu, Veneta Indonesia mendirikan pabrik di kawasan Sentul, Bogor. Pabrik tersebut merupakan pabrik remanufacture cartridge pertama di Indonesia.
Tidak
sampai di situ, Veneta Indonesia kembali membuka pabrik di Kawasan
Industri Berbek, Sidoarjo, Surabaya. Pabrik ini khususnya akan
memberikan support kepada seluruh outlet yang berada di wilayah Indonesia Timur. Dengan segala upaya yang dilakukan, Veneta berhasil meraih omzet Rp 60 miliar/kuartal.
Media sosial
Promosi
menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah bisnis. Salah satu
media yang tumbuh subur di era digital saat ini adalah media sosial.
Veneta
System sangat serius dengan yang satu ini. “Media sosial pengaruhnya
besar sekali. Dengan media sosial kami dapat lebih mudah berkomunikasi
dan mengenalkan produk kepada masyarakat,” kata Freddy.
“Untuk itu, kami membentuk Divisi Marcomm dan Membership yang selalu meng-update dan berinteraksi dengan konsumen/pelanggan setia kami di Facebook, Twitter, Veneta online, website Veneta, dan kerja sama merchant.”
Top Brand Award 2013
Veneta
Indonesia layak berbangga diri. Pasalnya, segala upaya yang telah
dilakukan berbuah manis. Belum lama ini Veneta System dianugerahi Top
Brand Award 2013 dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group.
Veneta System berhasil meraih Top Brand Index
(TBI) 30,7% jauh meninggalkan rival terdekatnya Doctor Ink yang
berhasil meraih TBI 22%. Penghargaan ini merupakan satu dari sekian
banyak penghargaan yang berhasil diraih Veneta System.
Ketika
ditanya bagaimana mempertahankan predikat Top Brand ini, Freddy
mengatakan bahwa akan terus memberikan kualitas yang premium terhadap
pelayanan dan produk-produk yang dihasilkan oleh Veneta termasuk delivery dan penanganan komplain yang cepat dan tepat.
Selain
itu, Veneta System juga akan terus mengembangkan teknologi terbaru
untuk menghasilkan produk yang berkualitas, memperluas jaringan
penjualan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen serta
mengembangkan produk tinta ke segmen White Format dan Large Format.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar