Sabtu, 17 Agustus 2013

Tips Mendorong Konsumen Agar Memberikan Ulasan

Tips Mendorong Konsumen Agar Memberikan UlasanUlasan online adalah komoditas berharga bagi bisnis apapun. Namun, meminta ulasan dari pelanggan bisa menjadi hal yang rumit. Dalam banyak kasus, rintangan terbesar yang dimiliki oleh perusahaan kecil terkait ulasan online bukanlah ulasan negatif, tapi bagaimana agar konsumen mau memberikan ulasan.

Berikut tips mendorong konsumen agar mau memberikan ulasan:

Buatlah penulisan ulasan semudah mungkin
Konsumen biasanya tidak mencari cara agar bisa memberikan ulasan untuk perusahaan kita, kecuali mereka memiliki pengalaman tidak enak yang ingin dibagikan. Oleh karena itu, kita harus mempermudah konsumen untuk memberikan ulasannya. Cantumkan direct links ke profil ulasan di berbagai tempat, misalnya pada ucapan terima kasih atau follow-up email.

Hadirlah di berbagai situs ulasan
Tiap orang memiliki preferensi situs ulasan masing-masing. Hadir dalam setiap situs ulasan bisa membuat konsumen nyaman dan mempermudah mereka untuk meninggalkan komentar. Contoh situs ulasan antara lain Google Local, Yahoo Local, LinkedIn, TrustLink, dan sebagainya.

Mintalah konsumen untuk meninggalkan ulasan di situs favorit mereka, tapi jangan paksa mereka untuk menulis di banyak situs.

Terbukalah
Jangan malu untuk meminta ulasan secara langsung kepada konsumen karena itu adalah bagian dari bisnis. Kita bisa mengatakan, “Pendapat Anda penting bagi kami. Kami sangat mengapresiasi jika Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk memberikan ulasan.”

Pertimbangkan faktor demografi
Jika konsumen kita adalah generasi millennium, mereka sudah terbiasa berbagi pengalaman secara online dan biasanya akan senang hati berbagi pendapat tanpa perlu banyak dorongan. Namun, apabila pelanggan kita berusia 30 tahun ke atas, membombardir mereka dengan permintaan ulasan hanya akan menurunkan hasrat mereka. Nah, untuk konsumen muda yang kurang gaul di media sosial, mereka mungkin membutuhkan sedikit dorongan agar mau memberikan ulasan.

Ubah pengunjung menjadi brand ambassador
Ulasan positif bagus untuk bisnis kita, namun nilai sesungguhnya terletak pada si pengulas. Kita bisa meminta pelanggan kita untuk membuat video ulasan dan mem-posting-nya di situs kita. Tak ada yang lebih baik daripada sebuah video yang diproduksi dengan baik dari pelanggan yang sebenarnya.

Jangan abaikan ulasan negatif
Tujuan kita adalah untuk mengumpulkan ulasan baik, namun kita mungkin akan mendapatkan satu atau dua ulasan negatif. Ulasan negatif tidak selalu bisa membunuh sebuah bisnis, namun cara kita menangani situasi buruklah yang menentukan. Dengarkan dan atasi ulasan negatif. Dengan begitu kita berpeluang mengubah pelanggan yang kecewa menjadi brand advocate.

Pada akhirnya, cara untuk mendapatkan ulasan yang baik adalah dengan menawarkan produk dan pengalaman konsumen yang hebat. Jika bisa melakukan semua itu, maka kita bisa menciptakan pengalaman luar biasa bagi pelanggan.
Sumber: Mashable

Tidak ada komentar:

Posting Komentar