Ulasan online
adalah komoditas berharga bagi bisnis apapun. Namun, meminta ulasan
dari pelanggan bisa menjadi hal yang rumit. Dalam banyak kasus,
rintangan terbesar yang dimiliki oleh perusahaan kecil terkait ulasan online bukanlah ulasan negatif, tapi bagaimana agar konsumen mau memberikan ulasan.
Berikut tips mendorong konsumen agar mau memberikan ulasan:
Buatlah penulisan ulasan semudah mungkin
Konsumen biasanya tidak mencari cara agar bisa memberikan ulasan
untuk perusahaan kita, kecuali mereka memiliki pengalaman tidak enak
yang ingin dibagikan. Oleh karena itu, kita harus mempermudah konsumen
untuk memberikan ulasannya. Cantumkan direct links ke profil ulasan di berbagai tempat, misalnya pada ucapan terima kasih atau follow-up email.
Hadirlah di berbagai situs ulasan
Tiap orang memiliki preferensi situs ulasan masing-masing. Hadir
dalam setiap situs ulasan bisa membuat konsumen nyaman dan mempermudah
mereka untuk meninggalkan komentar. Contoh situs ulasan antara lain
Google Local, Yahoo Local, LinkedIn, TrustLink, dan sebagainya.
Mintalah konsumen untuk meninggalkan ulasan di situs favorit mereka, tapi jangan paksa mereka untuk menulis di banyak situs.
Terbukalah
Jangan malu untuk meminta ulasan secara langsung kepada konsumen
karena itu adalah bagian dari bisnis. Kita bisa mengatakan, “Pendapat
Anda penting bagi kami. Kami sangat mengapresiasi jika Anda mau
meluangkan sedikit waktu untuk memberikan ulasan.”
Pertimbangkan faktor demografi
Jika konsumen kita adalah generasi millennium, mereka sudah terbiasa
berbagi pengalaman secara online dan biasanya akan senang hati berbagi
pendapat tanpa perlu banyak dorongan. Namun, apabila pelanggan kita
berusia 30 tahun ke atas, membombardir mereka dengan permintaan ulasan
hanya akan menurunkan hasrat mereka. Nah, untuk konsumen muda yang
kurang gaul di media sosial, mereka mungkin membutuhkan sedikit dorongan agar mau memberikan ulasan.
Ubah pengunjung menjadi brand ambassador
Ulasan positif bagus untuk bisnis kita, namun nilai sesungguhnya terletak pada si pengulas. Kita bisa meminta pelanggan kita untuk membuat video ulasan dan mem-posting-nya di situs kita. Tak ada yang lebih baik daripada sebuah video yang diproduksi dengan baik dari pelanggan yang sebenarnya.
Jangan abaikan ulasan negatif
Tujuan kita adalah untuk mengumpulkan ulasan baik, namun kita mungkin
akan mendapatkan satu atau dua ulasan negatif. Ulasan negatif tidak
selalu bisa membunuh sebuah bisnis, namun cara kita menangani situasi
buruklah yang menentukan. Dengarkan dan atasi ulasan negatif. Dengan
begitu kita berpeluang mengubah pelanggan yang kecewa menjadi brand advocate.
Pada akhirnya, cara untuk mendapatkan ulasan yang baik adalah dengan
menawarkan produk dan pengalaman konsumen yang hebat. Jika bisa
melakukan semua itu, maka kita bisa menciptakan pengalaman luar biasa
bagi pelanggan.
Sumber: Mashable
Tidak ada komentar:
Posting Komentar