Jika
Facebook adalah sebuah negara, maka Facebook akan menjadi negara dengan
penduduk terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India.
Menurut Expandedramblings.com,
total jumlah pengguna Facebook hingga Juni 2013 mencapai 1,11 miliar
pengguna. Berikut statistik menakjubkan yang menggambarkan betapa besar
kerajaan Facebook:
- Total jumlah pengguna Facebook: 1,11 miliar.
- Pengguna aktif harian: 665 juta
- Total jumlah laman Facebook: 50 juta
- Total jumlah pengguna ponsel Facebook: 751 juta
- Total jumlah aplikasi Facebook: 10 juta
- Total jumlah koneksi teman Facebook: 150 miliar
- Jumlah rata-rata teman per pengguna 141,5
- Total jumlah like Facebook sejak pertama diluncurkan: 1,13 triliun
- Rata-rata like harian Facebook 4,5 miliar
Orang-orang
ini adalah calon pelanggan potensial, dan Anda dapat menjangkau mereka
di media sosial. Karena memang di situlah mereka menghabiskan waktu.
Berikut 12 alasan mendesak mengapa perusahaan harus menggunakan media sosial:
Media sosial memungkinkan Anda untuk lebih mudah mendengarkan pelanggan
Ada atau
tidak adanya Anda, orang-orang tetap akan berbicara tentang bisnis Anda
di media sosial. Ada beberapa sumber daya gratis yang bisa Anda gunakan
seperti Google Alerts dan Twitter Search. Dua alat tersebut memungkinkan
Anda melihat apa yang orang katakan tentang perusahaan Anda.
Kemampuan untuk menyoroti keberhasilan perusahaan
Dengan media
sosial, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dengan pengikut Anda.
Anda juga dapat memberitahu karyawan tentang klien dan mitra potensial.
Misalnya, perusahaan telah melakukan kerja sosial membersihkan jalan
raya pekan lalu.
Keberhasilan media sosial tidak terjadi dalam semalam
Mulailah sekarang juga, Anda tidak akan memiliki 1.000 pengikut atau like
dalam semalam. Keberhasilan media sosial berasal dari jumlah percakapan
kecil dari waktu ke waktu yang digabungkan bersama untuk menambahkan
nilai.
Simpan nama perusahaan Anda
Orang lain
bisa membuat akun media sosial dengan menggunakan nama perusahaan Anda.
Jadi, sekalipun perusahaan Anda belum siap menggunakan situs media
sosial baru seperti Google+ dan Pinterest, mendaftarkan akun perusahaan
merupakan ide yang baik, sehingga Anda dapat mengamankan nama perusahaan
di berbagai media sosial. Untuk menghindari kemarahan orang karena
kurangnya aktivitas, Anda bisa menulis “Coming Soon” misalnya.
Media sosial adalah word of mouth
Pelanggan
berbicara tentang Anda di media sosial meskipun tidak ada yang bereaksi
terhadap percakapan. Biarkan orang melakukan penjualan untuk Anda. Jika
Anda memberikan pelayanan yang baik maka orang akan memberitahu
teman-teman mereka tentang hal itu.
Masukkan batas baru layanan pelanggan
Media sosial
adalah cara baru untuk menyediakan layanan pelanggan. Ini memungkinkan
orang menanyakan alamat, menceritakan kekhawatiran, atau memberikan
saran dalam waktu 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Orang tidak
menelepon toko ketika mereka memiliki masalah, mereka mengirim tweet.
Distribusi kupon lebih cepat, lebih murah, dan lebih efektif
Mengapa
harus membuang-buang uang hanya untuk mencetak kupon ketika kita dapat
mempublikasikan kupon secara gratis melalui media sosial? Memberikan
kupon di media sosial memungkinkan pelanggan untuk berbagi dengan
teman-teman mereka, ada kesepakatan Anda bisa go viral!
Merekrut karyawan lebih mudah
Media sosial dapat membantu perusahaan ketika merekrut karyawan baru. Anda dapat mem-posting
lowongan pekerjaan di LinkedIn. Ini juga merupakan ide yang baik untuk
melihat calon karyawan baru potensial sebelum Anda mempekerjakan mereka.
Partisipasi dalam media sosial GRATIS!
Membuat akun
media sosial itu gratis dan bebas penggunaannya. Namun, mempekerjakan
seseorang untuk mengelola media sosial perusahaan merupakan ide yang
baik. Beberapa perusahaan besar seperti McDonald‘s memiliki tim untuk
mengelola media sosial mereka.
Menjaga pelanggan saat ini dan mendapatkan pelanggan baru
Media sosial
adalah cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis. Anda dapat terhubung
dengan pelanggan saat ini dalam sebuah platform yang biasa mereka
gunakan. Selain itu, Anda juga dapat menjangkau calon pelanggan di media
sosial.
Menjangkau generasi muda
Orang-orang
muda ada di media sosial. Buku telepon, surat yang ditulis tangan dan
surat kabar adalah semua hal di masa lalu. Jika Anda ingin menjangkau
generasi berikutnya dari pelanggan dan karyawan, terlibat dengan media
sosial sangatlah penting. Media sosial adalah bagaimana cara orang
berkomunikasi. Jika Anda ingin menjangkau mereka. Kuasai media sosial!
Meningkatkan visibilitas perusahaan menggunakan media sosial
Keterlibatan
media sosial jika dilakukan dengan benar akan mendorong perusahaan Anda
menjadi pemimpin industri. Ini akan membantu Anda tidak hanya dalam
meningkatkan brand awareness dan produk Anda, namun juga akan menempatkan Anda dalam posisi untuk memberikan saran kepada orang lain dalam industri Anda.
Sumber: 12most.com|Expandedramblings.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar