Sabtu, 17 Agustus 2013

3 Hal yang Bisa Dipelajari Bisnis Kecil Dari Kegagalan Produk Google

3 hal yang bisa dipelajari bisnis kecil dari kegagalan GoogleGoogle Reader adalah produk yang terakhir dinonaktifkan oleh Google, setelah banyak produk lainnya dinonaktifkan. Google juga sebelumnya pernah mencoba masuk ke media sosial dengan produk Google Buzz yang termasuk progam dinonaktifkan.

Namun yang sebenarnya, kegagalan adalah krusial bagi keberhasilan semua perusahaan, besar dan kecil. Mantan CEO Google, Eric Schimdt terkenal dengan kata-katanya “we celebrate our failures”. Bisnis kecil pun bisa ikut merayakan kegagalan.

Berikut tiga hal yang bisa dipelajari bisnis kecil dari kegagalan produk Google.

Perusahaan harus fokus pada hal terbaik yang bisa dilakukan
Kita tak bisa menyenangkan semua orang setiap saat dan di dalam dunia bisnis kita tak bisa melakukan segalanya. Mempunyai terlalu banyak produk merupakan distraksi bagi inti bisnis kita.

Jika kita tak bisa menjelaskan apa perusahaan kita dalam satu kalimat, kita mungkin mencoba terlalu banyak hal. Pelanggan cenderung menyukai perusahaan yang melakukan satu hal dengan sangat baik.

Ketika kita sudah menemukan apa produk yang bisa diberikan, maka kita harus memberikan semua fokus untuk itu agar sukses

Hentikan usaha yang tak begitu sukses, manfaatkan sumber daya
Dengan fokus, kita bisa menggunakan sumber daya untuk mengembangkan produk atau layanan inti perusahaan kita.
Bagi perusahaan teknologi, ini berarti perkembangan dan sumber daya teknis bisa memfokuskan waktu berharga mereka untuk proyek yang prospektif. Ini juga berlaku bagi jenis bisnis lain yang mungkin kita jalankan.

Kita memiliki jumlah karyawan dan waktu kerja yang terbatas. Sangat praktis apabila karyawan kita bisa memanfaatkan waktu dan tenaga untuk proyek yang akan berkontribusi pada laba.

Kegagalan adalah peluang belajar
Ketika menjalankan bisnis kecil, akan mudah bagi kita kehilangan perspektif. Larry Kim, CTO WordStream mempercayai hal itu. Terkadang ia merasa memiliki jutaan dolar dan di lain waktu ia merasa berutang jutaan dolar. Tapi menurutnya, hal baik dari kegagalan adalah adanya peluamg pelajaran berharga yang merupakan salah satu aspek menyenangkan dari menjalani bisnis dan memotivasi dirinya untuk menjadi lebih baik.

Google mencoba dan gagal dalam banyak hal dan kegagalan ini membantu mereka mencapai posisi seperti pada hari ini. Jika Google takut untuk mencoba dan gagal, mungkin kita tidak akan pernah mempunyai Gmail atau Google Maps.
Sumber: Smallbiztrends

Tidak ada komentar:

Posting Komentar