Google
Reader adalah produk yang terakhir dinonaktifkan oleh Google, setelah
banyak produk lainnya dinonaktifkan. Google juga sebelumnya pernah
mencoba masuk ke media sosial dengan produk Google Buzz yang termasuk
progam dinonaktifkan.
Namun yang sebenarnya, kegagalan adalah krusial bagi keberhasilan
semua perusahaan, besar dan kecil. Mantan CEO Google, Eric Schimdt
terkenal dengan kata-katanya “we celebrate our failures”. Bisnis kecil pun bisa ikut merayakan kegagalan.
Berikut tiga hal yang bisa dipelajari bisnis kecil dari kegagalan produk Google.
Perusahaan harus fokus pada hal terbaik yang bisa dilakukan
Kita tak bisa menyenangkan semua orang setiap saat dan di dalam dunia
bisnis kita tak bisa melakukan segalanya. Mempunyai terlalu banyak
produk merupakan distraksi bagi inti bisnis kita.
Jika kita tak bisa
menjelaskan apa perusahaan kita dalam satu kalimat, kita mungkin
mencoba terlalu banyak hal. Pelanggan cenderung menyukai perusahaan yang
melakukan satu hal dengan sangat baik.
Ketika kita sudah menemukan apa produk yang bisa diberikan, maka kita harus memberikan semua fokus untuk itu agar sukses
Hentikan usaha yang tak begitu sukses, manfaatkan sumber daya
Dengan fokus, kita bisa menggunakan sumber daya untuk mengembangkan produk atau layanan inti perusahaan kita.
Bagi perusahaan teknologi, ini berarti perkembangan dan sumber daya
teknis bisa memfokuskan waktu berharga mereka untuk proyek yang
prospektif. Ini juga berlaku bagi jenis bisnis lain yang mungkin kita
jalankan.
Kita memiliki jumlah karyawan dan waktu kerja yang terbatas. Sangat
praktis apabila karyawan kita bisa memanfaatkan waktu dan tenaga untuk
proyek yang akan berkontribusi pada laba.
Kegagalan adalah peluang belajar
Ketika menjalankan bisnis kecil, akan mudah bagi kita kehilangan
perspektif. Larry Kim, CTO WordStream mempercayai hal itu. Terkadang ia
merasa memiliki jutaan dolar dan di lain waktu ia merasa berutang jutaan
dolar. Tapi menurutnya, hal baik dari kegagalan adalah adanya peluamg
pelajaran berharga yang merupakan salah satu aspek menyenangkan dari
menjalani bisnis dan memotivasi dirinya untuk menjadi lebih baik.
Google mencoba dan gagal dalam banyak hal dan kegagalan ini membantu
mereka mencapai posisi seperti pada hari ini. Jika Google takut untuk
mencoba dan gagal, mungkin kita tidak akan pernah mempunyai Gmail atau
Google Maps.
Sumber: Smallbiztrends
Tidak ada komentar:
Posting Komentar