Meski internet telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian kalangan,
namun menurut Kristy Campbell, Marketing Director Manta, pemilik UKM
harus lebih spesifik dalam membuat pola pemasaran mereka, dengan fokus
untuk merambah dunia mobile.
“Kami melihat efek yang luar biasa dari pergeseran belanja ke sistem online, terutama selama musim liburan dan lewat perangkat mobile. Ini terjadi pada masyarakat UKM,” jelas Kristy. “Dengan perubahan demografi dan kebiasaan mobile di era milenium yang kian pesat, tren ini akan terus berkembang dan sangat penting untuk diraih.”
Sekarang, semua kalangan rata – rata memiliki akses ke dunia digital
lewat genggaman tangan mereka. Jika Anda bisa menghadirkan sesuatu yang
mereka inginkan dengan langsung ke genggaman tangan mereka, apa lagi
yang Anda inginkan?
Tak mudah memang untuk bisa menyuguhkan merek Anda ke target pasar
yang benar – benar tepat. Kendati sudah tepat, belum tentu juga mereka
membutuhkan barang/jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, Kristy memberikan
beberapa tips untuk Anda para pemilik bisnis UKM agar bisa maksimal
dalam memanfaatkan dunia mobile.
1. Fokus pada konsumen lokal
Salah satu keuntungan yang didapat dari pemilik bisnis UKM ketimbang
merek besar adalah, masyarakat UKM lebih mengetahui siapa khalayak dan
komunitas konsumennya, karena jumlahnya yang masih belum besar dan
tersebar luas. Nah, kelebihan ini bisa Anda gunakan untuk mencari tahu,
apa keinginan para konsumen. Banyak – banyaklah berkomunikasi dengan
mereka.
2. Rangkul pangsa anak muda
Meski tiap golongan rata – rata sudah memiliki ponsel yang terkoneksi
dengan jaringan internet, namun anak muda lah generasi yang paling
menggilai smartphone. Hal itu terbukti dengan dominasi anak muda di
setiap media sosial. Jadi, penting untuk merangkul dan memberi kemudahan
pada mereka dalam mengakses berbagai hal yang berhubungan dengan merek
dagang Anda.
3. Tepat waktu
Pandai melihat waktu sangat dibutuhkan. Pastikan Anda tahu momen apa
yang terjadi pada waktu – waktu tertentu untuk memberikan informasi dan
promo yang tepat. Perhatikan pula jam – jam yang membentuk pola
komunikasi konsumen Anda.
4. Paket unik
Tak ada salahnya untuk menawarkan berbagai paket menarik nan unik
kepada konsumen Anda dengan diskon. Lebih murah dengan mendapat banyak
produk akan menjadi alasan konsumen Anda membeli. Selain jumlah barang
yang terjual semakin banyak, paket ini juga akan membuat khalayak
mengenal produk Anda yang lain.
Jadi, kenapa Anda masih ragu untuk merambah dunia mobile?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar