Kamis, 07 November 2013

Pemilik UKM Harus Merambah Dunia Mobile

Meski internet telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian kalangan, namun menurut Kristy Campbell, Marketing Director Manta, pemilik UKM harus lebih spesifik dalam membuat pola pemasaran mereka, dengan fokus untuk merambah dunia mobile.
“Kami melihat efek yang luar biasa dari pergeseran belanja ke sistem online, terutama selama musim liburan dan lewat perangkat mobile. Ini terjadi pada masyarakat UKM,” jelas Kristy. “Dengan perubahan demografi dan kebiasaan mobile di era milenium yang kian pesat, tren ini akan terus berkembang dan sangat penting untuk diraih.”
pemilik UKM harus merambah dunia mobile
Sekarang, semua kalangan rata – rata memiliki akses ke dunia digital lewat genggaman tangan mereka. Jika Anda bisa menghadirkan sesuatu yang mereka inginkan dengan langsung ke genggaman tangan mereka, apa lagi yang Anda inginkan?
Tak mudah memang untuk bisa menyuguhkan merek Anda ke target pasar yang benar – benar tepat. Kendati sudah tepat, belum tentu juga mereka membutuhkan barang/jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, Kristy memberikan beberapa tips untuk Anda para pemilik bisnis UKM agar bisa maksimal dalam memanfaatkan dunia mobile.
1.      Fokus pada konsumen lokal
Salah satu keuntungan yang didapat dari pemilik bisnis UKM ketimbang merek besar adalah, masyarakat UKM lebih mengetahui siapa khalayak dan komunitas konsumennya, karena jumlahnya yang masih belum besar dan tersebar luas. Nah, kelebihan ini bisa Anda gunakan untuk mencari tahu, apa keinginan para konsumen. Banyak – banyaklah berkomunikasi dengan mereka.
2.      Rangkul pangsa anak muda
Meski tiap golongan rata – rata sudah memiliki ponsel yang terkoneksi dengan jaringan internet, namun anak muda lah generasi yang paling menggilai smartphone. Hal itu terbukti dengan dominasi anak muda di setiap media sosial. Jadi, penting untuk merangkul dan memberi kemudahan pada mereka dalam mengakses berbagai hal yang berhubungan dengan merek dagang Anda.
3.      Tepat waktu
Pandai melihat waktu sangat dibutuhkan. Pastikan Anda tahu momen apa yang terjadi pada waktu – waktu tertentu untuk memberikan informasi dan promo yang tepat. Perhatikan pula jam – jam yang membentuk pola komunikasi konsumen Anda.
4.      Paket unik
Tak ada salahnya untuk menawarkan berbagai paket menarik nan unik kepada konsumen Anda dengan diskon. Lebih murah dengan mendapat banyak produk akan menjadi alasan konsumen Anda membeli. Selain jumlah barang yang terjual semakin banyak, paket ini juga akan membuat khalayak mengenal produk Anda yang lain.
Jadi, kenapa Anda masih ragu untuk merambah dunia mobile?

Membongkar Fakta Mengenai Rahasia Miliarder Dunia

Mungkin Anda pernah mendengar joke seperti ini: bila ingin memiliki modal untuk sebuah proyek besar, mencari pacar seorang anak juragan tembakau adalah cara paling ampuh. Meski lelucon itu terdengar benar adanya, tapi coba singkirkan pandangan tentang mencari kekayaan lewat jalan mudah, karena ada rahasia miliarder dunia yang kini sudah terkuak.
Ternyata sebagian besar dari mereka mendapatkan kekayaannya dari usaha dan kerja keras. Bukan turunan, karena mereka tidak dilahirkan dari keluarga yang kaya. Hal itu disebutkan oleh laman Entrepreneur. Di sana tertera, bahwa 73 orang dari 100 orang terkaya di dunia mendapat kekayaannya dari proses kerja keras yang mereka jalani, sementara sisanya (yaitu sebanyak 27 orang), mendapatkan kekayaan dari hasil warisan.
rahasia miliarder 1
Bloomberg Billionaires Index juga mengeluarkan infografik yang mengungkapkan rahasia miliarder, bahwa 36 dari 73 orang terkaya itu terlahir di keluarga yang sangat sederhana (bahkan ada yang tidak memiliki keluarga). Sementara 18 orang lain tidak pernah menjejakkan kakinya di perguruan tinggi.
Tidak percaya?
Salah satunya adalah Larry Ellison, pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle ini terlahir sebagai seorang yatim – piatu. Tak hanya Larry, Pendiri Zara, Amancio Ortega juga tidak terlahir ditengah – tengah keluarga yang kaya raya, karena ayahnya hanya seorang pekerja kereta api. Tapi coba perhatikan kekayaan bersih yang dimiliki oleh Larry serta Amancio sekarang, masing – masing memiliki tabungan sebesar US$ 37 miliar dan US$ 52 miliar. Keren kan?
Lantas, bagaimana mereka berhasil menggapainya? Tentu saja ada rahasia miliarder yang mereka terapkan, yakni:
1.       Berani mengambil resiko
Mereka yang menjadi miliarder karena usaha dan kerja kerasnya memiliki satu strategi bisnis yang sama, yakni berani mengambil resiko besar. Kenapa? Mereka yang terlalu berhati – hati justru menjadi takut untuk memulai. Akibatnya, kesempatan untuk belajar dengan terjun langsung ke lapanganpun semakin tertunda, hingga akhirnya niat, ketekunan, semangat, dan keterampilannya menurun.
2.       Inovatif
Beberapa miliarder berhasil mendobrak pintu kesuksesan dengan sebuah tren yang awalnya belum diakui. Tren ini kemudian dimodifikasi hingga akhirnya digemari oleh masyarakat dan benar – benar menjadi tren.
3.       Low profile
Ada beberapa miliarder yang sukses dari bawah namun tetap tidak sombong dan lupa, dari mana ia berasal. Bahkan ada yang membuat sebuah momen khusus bersama para karyawannya. Di mana, ia dan karyawannya harus memiliki waktu khusus untuk makan siang bersama. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan lebih mendekatkan diri dengan mereka yang bekerja untuknya.
Bukan tidak mungkin bila sekarang Anda masih berada di bawah, suatu saat akan naik ke puncak pohon kesuksesan, asalkan Anda berani mengambil resiko, terus berinovasi, dan tetap low profile. Karena ini adalah rahasia jadi miliarder.
rahasia miliarder

Sumber: Entrepreneur | Infografik: Entrepreneur & Foto: Yahoo

Inilah Peraih The Best Website dalam Digital Marketing Award 2013

website digital marketing award 2013
Digital Marketing Award 2013 adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan bagi perusahaan atau merek yang sukses memasarkan produk-produknya di dunia digital.
Penghargaan Digital Marketing Award 2013 dihasilkan dari para heavy user dan konsumen pengguna produk-produk digital. Dengan demikian, para pemenang Digital Marketing Award 2013 adalah murni hasil riset dan opini konsumen.
Ada dua dua jenis penghargaan yang diberikan di Digital Marketing Award 2013 – website dan produk digital. Kategori The Best Website diberikan kepada website terbaik dari perusahaan business to business, business to consumer, dan pemda provinsi. Aspek yang dinilai meliputi content, context, community, customization, commerce dan connection.
Daftar lengkap website Terbaik Peraih Digital Marketing Award 2013:
Kategori Website
Pemenang
Perbankan PT Bank Central Asia, Tbk.
Sea Food Restorant PT Pendekar Bodoh (D’cost)
Car Rental PT Blue Bird Group
Property Developer PT Ciputra Development
Sepeda Motor PT Yamah Motor Kencana Indonesia
Car Insurance PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto)
Online shop PT Binneka Mentari Dimensi (Binneka.com)
Airlines PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk
MLM/Direct Selling PT Tupperware Indonesia
Fast Food Restaurant PT Fastfood Indonesia, Tbk (KFC)
Retail minimarket PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk
Motorcycle PT Astra Honda Motor
Portal Berita PT Agranet Multicitra Siberkom (Detik)
Car Insurance PT Asuransi Adira Dinamika (Autocilin)
Online shop PT. Ecart Services Indonesia (Lazada)
Diskon Coupon PT E-Voucher Indonesia (eVoucher)
Online Book Store PT Gramedia Asri Media
Retail Department Store PT Matahari Departement Store, Tbk
Tour & Travel PT Panorama Tours Indonesia
Fast Food Restaurant PT Rekso Nasional Food (McDonald)
Airlines PT Sriwijaya Air
Online market place site PT Toko Bagus
Online Fashion Shop PT Fashion Services Indonesia (Zalora)